Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga SpanyolKepergian Messi Hampir Final, Bagaimana Nasib Barcelona dan La Liga?

Kepergian Messi Hampir Final, Bagaimana Nasib Barcelona dan La Liga?

Sudah hampir sebulan, spekulasi tentang kepergian Messi dari Barcelona masih menjadi pembicaraan. Pengamat dan fans masih menunggu hasil akhir dan perselisihannya dengan manajeman tim.

Seperti diketahui bahwa Messi sudah mengirimkan surat pengunduran dirinya melalui burofax.

Pihak Messi beranggapan bahwa sang bintang dapat keluar dari Liga bebas transfer. Hal tersebut sesuai dengan perjanjian.

Namun, El Baraugna menyatakan pemahaman yang berbeda. Klausul bebas transfer Messi sudah kadaluarsa karena di sana tercantum tanggal 10 Juni, 2 minggu setelah La Liga berakhir jika berjalan sesuai rencana. Kenyataannya, karena pandemi kompetisi tertunda sampai 3 bulan.

Tim yang bermarkas di Camp Nou ini meminta transfer seharga 700 juta Euro.Harga yang cukup besar bagi banyak klub di era pandemi yang belum juga selesai. Hanya beberapa klub saya yang mungkin sanggup membayar harga tersebut, meski banyak yang meminati.

Klausul dengan biaya transfer fantastis dianggap berbagai pihak sebagai upaya Presiden Bartomeu untuk mempertahankan sang bintang. Operator kompetisi La Liga menyatakan dukungan terhadap keputusan klub yang berada di bawahnya. Messi tidak akan dapat meninggalkan Barca jika belum memenuhi pembayaran yang diminta.

Kepergian Messi dan Nasib La Liga

Beberapa jam lalu, pertemuan antara Jorge Messi dengan Josep Maria Bartomeu untuk membahas nasib Lionel Messi sudah dilakukan.

Saat itu, hadir pula salah satu Direktur Bacelona, Javier Bordas dan Rodrigo Messi yang merupakan saudara sekaligus penasehatnya.

Pertemuan yang diharapkan menghasilkan titik temu tidak membuahkan hasil.

Barcelona tidak bergeming dengan nilai 700 juta Euro. Sementara peraih 6 trofi Ballon d’Or juga tidak tertahankan untuk tetap hengkang dari klub yang membesarkan namanya sejak tahun 2005.

Padahal banyak pengamat sepak bola, termasuk bintang-bintang dan kegenda Real Madrid menyarankan titik temu. La Pulga mengalah dan tetap bermain satu musim lagi atau Barca melepaskan dirinya dengan nilai lebih rendah. Hal terahir lebih dimungkinkan karena jika berhenti di musim depan, Barca tidak akan memperoleh dana sedikitpun.

Apa alasannya Barcelona dalam hal ini Presiden Bartomeu ngotot mempertahankan Messi berada dalam tim? Padahal beberapa survei sendiri sudah menyatakan bahwa sebagian skuat tidak mengharapkan dia kembali masuk?

Menurut pengamat sepak bola yang banyak beredar, ada tiga hal yang membuat Bartomeu melakukan hal di atas.

Pertama, tentu saja sulit membentuk tim tanpa Messi saat ini. Apalagi harus memulai dari nol. Dari musim yang telah dilalui, meski Camp Nou banyak mengalami kekalahan, Messi tetap menjadi top scorer di La Liga.

Kedua, di beberapa media disebutkan bahwa Bartomeu telah memberikan janji kepada Ronald Koeman bahwa tim sudah termasuk Messi di dalamnya ketika dipinang.

Meski Koeman sendiri sudah memberi pernyataan bahwa tim kuat dapat dibentuk tanpa pesebak bola Argentina, sang Presiden ingin memenuhi janjinya.

Ketiga, kisruh antara manajemen dan Messi sudah terjadi selama satu musim. Jika ikon Barca ini benar-benar hengkang, berarti ada yang salah dengan kepemimpinannya. Di beberapa media diberitakan bahwa sang Presiden harus mempertanggungjawabkan semuanya sampai ke penjara. Hmm.. situasi yang sangat berat untuk Bartomeu.

Siapa yang diuntungkan dengan kepergian anggota timnas Argentina dan sang Kapten ini?

Real Madrid dianggap menjadi pihak yang paling banyak memperoleh keuntungan. Kemungkinan Barca akan sulit membentuk tim kuat dalam 2 tahun ke depan. Real Madrid menjadi raksasa tanpa lawan.

Bintang-bintang yang bermain di Real Madrid berharap itu tidak terjadi. Apalah artinya jika dapat memenangkan pertandingan tanpa perlawanan berarti. Lagi pula, bola tetap bundar. Tetap tidak ada yang tahu apa yang terjadi dalam pertandingan.

Selain klub, La Liga diperkirakan ikut mengalami keruntuhan jika Messi benar-benar pergi. Itu sebabnya, La Liga mendukung keputusan transfer 700 juta Euro.

Hugo Sanchez, legenda Real Madrid memperkirakan bahwa kepergian La Pulga menyusul Christian Ronaldo dan Neymar akan memperburuk kondisi La Liga.

Bagaimanapun, kompetisi Spanyol menjadi yang terbaik dan paling dinanti selama beberapa tahun belakangan karena pengaruhnya.

“Javier Tebas menjadi seseorang yang sangat dihormati di Spanyol. Dia membuat tim menjadi sangat kaya karena jumlah uang yang ia terima dari hasil menjual hak siar televisi di seluruh dunia,” ucap Hugo Sanchez kepada Futbol Picante.

Ya, Tebas memang biasanya menjual produk dan membuat kontrak empat sampai lima tahun ke depan. Hengkangnya para bintang yang disusul kepergian Messi akan berpengaruh nyata. Investor dan sponsor ada kemungkinan menjauh dari La Liga.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments