Sunday, January 29, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga IndonesiaJadwal Shopee Liga 1 2020/2021 Masih Harus Menunggu Kepastian Piala Dunia U-20

Jadwal Shopee Liga 1 2020/2021 Masih Harus Menunggu Kepastian Piala Dunia U-20

Jadwal dan format lanjutan Shopee Liga 1 2020/2021 kabarnya tidak akan diubah. Keputusannya bisa dipastikan setelah ada kabar dari Piala Dunia U-20 2021.

Mengenai hal ini, PSSI juga belum merencanakan untuk menyusun format baru. Saat ini mereka masih fokus pada Shopee Liga 1 dengan format kompetisi penuh, dimana setiap tim menghadapi rivalnya di kandang dan tandang.

Pada Februari tahun depan nanti, Shopee Liga 1 tahun depan merupakan lanjutan pertandingan pekan keempat. Namun, sejauh ini belum ada format baru.

Shopee Liga 1 baru baru bergulir tiga pekan. Ini artinya masih ada 31 pertandingan yang harus dipentaskan. Kompetisi lanjutannya rencananya akan diselenggarkaan selama enam bulan, yaitu pada Februari-Juli 2021.

“Format kompetisi kayaknya masih direncanakan, dan tentu saja masih belum pasti karena kemungkinan besar bentrok dengan Piala Dunia (U-20 2021). PSSI menyarankan PT LIB untuk membuat jadwal normatif,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita di kantornya, Selasa (10/11/2020).

“Kalau jadwal Piala Dunia sudah sesuai dengan jadwal, PT LIB bisa saja membuat jadwal penundaan (sementara) liga. Kompetisi ini tentu saja tidak bisa bentrok dengan liga. Dulu Indonesia Asian Games sempat banyak dibicarakan. Siapa tahu kalau Piala Dunia kali ini juga bisa bagus dan bisa jadi Piala Dunia Senior,”

Kalau melihat negara Asia Tenggara, mereka lebih banyak menggunakan format baru saat kompetisi domestiknya dimulai lagi. Misalnya, Filipina atau Myanmar yang menerapkan format bubble alias sentralisasi di satu lokasi.

Sedangkan Malaysia dan Kamboja menerapkan format setengah kompetisi. Singapura dan Thailand tidak mengubah formatnya dengan tetap menggunakan sistem kompetisi penuh.

Selain Singapura, Laos juga menerapkan format lama dengan sistem kompetisi satu musim penuh. Namun, kasus COVID-19 di Laos tidak terlalu parah sehingga kompetisinya bisa berjalan dengan lancar.

Indonesia sepertinya akan menerapkan sistem yang sama dengan Singapura, Thailand, dan Laos jika kompetisi pada Februari 2021 terealisasi dan format tidak diubah. Namun, sampai saat ini masih belum ada kepastian.

PT LIB bisa saja memberikan saran pada PSSI terkait format lanjutan kompetisi tersebut. Namun, PSSI tetap saja yang mejadi penentu keputusan terkait jadwal dan format Shopee Liga 1 2020/2021.

“Semoga saja jadwal Piala Dunia U-20 bisa segera diumumkan. PSSI sampai saat ini masih terus berkomunikasi dengan FIFA. PSSI berharap kompetisi bisa diselenggarakan secara full mulai dari pekan keempat,” tutur Akhmad Hadian Lukita.

“Jadi, sekarang mau lanjut di Yogyakarta atau pindah saja? Beberapa klub sebenarnya ada yang mau bermain di homebase-nya seperti biasa,” tutur penggemar klub baseball New York Yankees itu.

Jadwal Shopee Liga 1 20202/2021 Bentrok Agenda Timnas Indonesia?

Shopee Liga 1 2020/2021 rencananya akan kembali Februari sampai Juli 2021. Kemungkinan besar kompetisi tersebut akan berbarengan dengan Piala AFF, Piala Asia U-19, hingga Piala Dunia U-20 2021.

PSSI memutuskan untuk melanjutkan kompetisi dan akan diselenggarakan mulai tahun depan. Titelnya pun diganti. Awalnya 2020, dan sekarang diganti menjadi Shopee Liga 1 2020/2021.

Selain itu, masih ada agenda Timnas Indonesia lainnya. Mulai dari Timnas Indonesia U-16, U-19, hingga senior. Turnamen yang akan diikuti adalah Piala Asia U-16, Piala Asia U-19, Piala AFF, Kualifikasi Piala Dunia 2022, hingga Piala Dunia U-20.

“Menurut saya, Indonesia tidak terus-terusan jadi tuan rumah saat AFF. Kalau Indonesia jadi tuan rumahatau main di Negara lain, kompetisinya mungkin akan ditunda,” kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita.

“Timnas Indonesia tidak akan sering bermain di Piala AFF. Lain lagi dengan Piala yang tidak bisa dilewatkan karena itu momen untuk Indonesia. Pokoknya, jangan sampai jadwalnya bentrok dengan Piala Dunia U-20,” ujarnya menambahkan.

Kabar penundaan Shopee Liga 1 di tengah Piala AFF bisa jadi menatangkan sejumlah protes dari klub. Beberapa pemain di klub pasti akan absen selama pertandingan tersebut berlangsung.

Mengenai hal tersebut, PT LIB berharap semua pihak bisa memaklumi. Ekspektasi PT LIB tentu saja ingin kompetisi bisa berjalan tanpa hambatan. Saat ini mereka sedang berusaha mencari titik terangnya demi kebaikan bersama.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments