Thursday, June 20, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeHot NewsItalia Turunkan 8 Wakil di Kompetisi Eropa, Seharusnya Bisa 9 Tim

Italia Turunkan 8 Wakil di Kompetisi Eropa, Seharusnya Bisa 9 Tim

Italia telah menetapkan delapan tim yang akan mewakili negara itu dalam kancah kompetisi sepak bola Eropa pada musim depan. Tidaklah mengherankan bahwa Fiorentina, dalam kembali mereka yang berkelana di panggung Eropa, akan memperjuangkan prestasi di UEFA Conference League.

Namun, harapan Fiorentina untuk mengangkat trofi di final Conference League 2023/2024 harus pupus setelah mereka menyerah dengan skor tipis 0-1 dalam laga puncak melawan Olympiakos pada Kamis (30/5/2024). Pertarungan dramatis itu berlangsung di Agia Sophia Stadium di Athena, Yunani. Meskipun bermain dengan gigih, Giacomo Bonaventura dan rekan-rekannya tidak mampu mengatasi tantangan Olympiakos.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Gol tunggal yang menjadi penentu kemenangan bagi wakil Yunani itu tercipta di babak extra time, tepatnya pada menit ke-116, melalui tendangan mematikan Ayoub El Kaabi. Gol tersebut tidak hanya mengukir sejarah bagi Olympiakos dengan meraih gelar juara perdana mereka di kompetisi UEFA, tetapi juga menempatkan El Kaabi sebagai top skor dengan catatan mencetak 11 gol.

Meskipun kekalahan itu mengecewakan, tim yang diasuh oleh Vincenzo Italiano harus menerima kenyataan sebagai runner-up. Ini bukan kali pertama bagi Fiorentina harus berpangku tangan di posisi kedua. Musim sebelumnya, mereka juga harus mengakui keunggulan West Ham dengan skor 1-2 dalam final kompetisi yang sama.

Namun, meskipun rintangan terasa berat, Fiorentina tidak akan menyerah. Mereka siap untuk kembali bersaing di kompetisi Eropa musim depan. Sementara itu, lima tim teratas dari Serie A akan bersaing di panggung Liga Champions/UEFA Champions League (UCL), sementara dua tim dari ibu kota Italia akan menjadi wakil di Liga Europa/UEFA Europa League (UEL).

Batal Diwakili 9 Tim

Italia sebenarnya memiliki potensi untuk diwakili oleh sembilan tim di kompetisi Eropa musim depan, tetapi skenario tersebut tidak terwujud sepenuhnya.

Lima tim teratas Serie A, Inter Milan, AC Milan, Juventus, Atalanta, dan Bologna, memperoleh tiket untuk berlaga di Liga Champions. Sementara itu, peringkat keenam, AS Roma, akan berkompetisi di Liga Europa bersama rival sekotanya, Lazio.

Namun, jatah Liga Europa untuk Lazio tidak langsung diperoleh, melainkan karena juara Coppa Italia, Juventus, lolos ke Liga Champions. Oleh karena itu, slot Liga Europa yang semula akan diberikan ke juara Coppa Italia kembali ke Serie A dan diberikan kepada tim peringkat tujuh, yaitu Lazio.

Sementara itu, jatah UEFA Conference League diberikan kepada tim peringkat delapan, yang pada kesempatan kali ini adalah Fiorentina. Namun, potensi untuk memperoleh satu slot tambahan bagi Italia ke kompetisi Eropa musim depan tergantung pada penampilan Fiorentina di Conference League.

Jika Fiorentina berhasil meraih gelar di Conference League, maka mereka akan mendapatkan tiket ke Liga Europa. Dalam skenario tersebut, slot Conference League akan diberikan kepada tim peringkat sembilan, yaitu Torino.

Namun, harapan untuk diwakili oleh sembilan tim terhenti ketika Fiorentina mengalami kekalahan dari Olympiakos.

Torino Batal Tampil di Kompetisi Eropa

Harapan Torino untuk melaju ke panggung Eropa harus pupus dengan kepastian bahwa Fiorentina akan kembali berkompetisi di UEFA Conference League musim depan. Hal ini berarti bahwa slot yang sebelumnya diharapkan oleh Torino dari Fiorentina tidak akan terwujud.

Meskipun Torino berhasil finis di peringkat kesembilan, unggul head-to-head atas juara bertahan Napoli, kedua tim tersebut sama-sama mengumpulkan 53 poin. Ini seharusnya menjadi alasan bagi Torino untuk berharap akan kesempatan ke Eropa, tetapi semua itu kini sirna.

Torino mungkin telah menaruh harapan besar pada Fiorentina untuk meraih gelar di UEFA Conference League, yang akan memberi mereka kesempatan tampil di panggung Eropa musim depan. Namun, dengan kepastian bahwa Fiorentina akan kembali bermain di kompetisi tersebut, harapan Torino pun pupus.

Tim Italia di Kompetisi Eropa Musim 2024/2025

Berikut adalah daftar delapan wakil Italia yang akan berlaga di kompetisi Eropa musim 2024/2025:

Liga Champions:

  1. Inter Milan
  2. AC Milan
  3. Juventus
  4. Atalanta
  5. Bologna

Liga Europa:

6. AS Roma

7. Lazio

Conference League:

8. Fiorentina

Meskipun Serie A 2023/2024 masih menyisakan satu pertandingan, yaitu laga tunda antara Atalanta dan Fiorentina pada tanggal 2 Juni 2024, posisi Fiorentina di peringkat delapan sudah pasti. Meski begitu, Atalanta masih memiliki peluang untuk finis di peringkat tiga.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments