Sunday, April 21, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga IndonesiaJelang Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday - Ini 4 Fakta Menarik...

Jelang Indonesia vs Burundi di FIFA Matchday – Ini 4 Fakta Menarik Burundi yang Wajib Kalian Tahu!

Indonesia vs Burundi menjadi laga berikutnya yang sangat diantisipasi. Jelang laga penting untuk FIFA Matchday ini, simak dulu fakta menarik mengenai Burundi yang wajib kalian tahu.

Seperti diketahui, Indonesia bersiap untuk menyambut tantangan dari Burundi dalam laga FIFA Matchday di akhir pekan ini. Pertandingan yang sudah sangat diantisipasi ini akan digelar pada 25 dan 28 Maret depan di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Tim Garuda akan menghadapi tim nasional dari Burundi berdasarkan dari permintaan Shin Tae Yong, pelatih tim nasional Indonesia. Meski sebenarnya, Burundi bukanlah tim yang benar-benar Tae Yong harapkan untuk bisa berlaga dengan Indonesia di FIFA Matchday.

Disebutkan, Tae Yong sebelumnya meminta agar Indonesia bisa berhadapan dengan tim nasional negara yang berada di ranking 100 besar FIFA. Sang pelatih yang berasal dari Korea Selatan tersebut bahkan berharap Indonesia bisa berhadapan dengan negara di ranking antara 80 hingga 100.

Sayangnya, permintaan Tae Yong tersebut tidak bisa dikabulkan oleh PSSI. PSSI mengakui tidak berhasil mendapatkan lawan yang sesuai dengan harapan Tae Yong. Hingga akhrinya, PSSI memilih Burundi menjadi lawan untuk beradu kemampuan dengan Tim Garuda.

Berdasarkan data pada 22 Desember 2022, Burundi berada di ranking 144 FIFA. Posisi tim ini lebih unggul 10 ranking di atas Indonesia, yang saat ini berada di posisi 154 FIFA.

Menariknya, meski laga Indonesia vs Burundi sudah di depan mata, Tae Yong mengaku justru belum mengenali lebih jauh mengenai tim Burundi. Bila kalian juga sama, maka wajib simak 4 fakta menarik mengenai Burundi di bawah ini.

Indonesia vs Burundi: 4 Fakta Tim Burundi

1. Bukan Tim Unggulan di Afrika

Secara statistis dunia, Burundi memang memiliki posisi di atas tim Indonesia. Meski begitu di Afrika sendiri, tim nasional Burundi bukanlah unggulan.

Tim berjuluk The Swallow ini belum pernah lolos ke Piala Dunia. Selain itu, Burundi hanya satu kali saja lolos hingga ke Piala Afrika.

Julukan tim semenjana sepertinya cocok dengan Burundi. Terlebih dalam 3 tahun terakhir, statistik kemenangan Burundi atas tim dari negara di Asia juga tidak terlalu bersinar.

Mulai dari tahun 2020, Burundi sudah empat kali berlaga lawan tim dari negara di Asia. Dari 4 pertandingan tersebut, Burundi hanya mendapatkan 2 kali kemenangan. Sedangkan 2 pertandingan lain berakhir dengan kekalahan.

2. 5 Pemain Tim Burundi Berjaya di Eropa

Meski tim nasionalnya tidak terlalu bersinar, namun beberapa pemain dari Burundi justru mencetak nama di tim-tim di Eropa. Saido Berahino, Jospin Nshimirimana, Youssouf Ndayishimiye, Marco Weymans, dan Frederic Nsabiyumva sudah pernah mencicipi kompetisi bergengsi di Eropa.

Saido Berahino, penyerang sekaligus kapten tim nasional Burundi memiliki catatan bermain 10 tahun di Liga Inggris. Dalam kurun waktu tersebut, penyerang berusia 29 tahun ini mencetak 49 gol untuk kompetisi Liga Primer 2, Liga Primer, dan EFL Championship.

Prestasi yang tidak kalah cemerlang dimiliki Youssouf Ndayishimiye. Pemain bek yang menjadi kunci penting di The Swallow saat ini tersebut berlaga di Liga Prancis untuk OGC Nice.

3. Jelang Indonesia vs Burundi, Hadapi 6 Kekalahan dari 10 Laga Terakhir

Seperti disebutkan di atas, catatan prestasi Burundi memang kurang bersinal. Dalam 10 pertandingan terakhir saja, tim Burundi lebih sering mendapatkan kekalahan dari pada kemenangan.

Dari 10 pertandingan, Burundi mencatatkan 6 kali kekalahan, 3 kali kemenangan, dan 1 catatan seri. Kemenangan Burundi didapatkan ketika menghadapi Djibouti pada Juli 2022 dengan skor akhir 2-1; laga atas Liberia pada Maret 2023 berakhir dengan skor 2-1; dan yang terakhir ketika berhadapan dengan Seychelles, dimana Burundi mencetak skor 8-1.

4. Telan Kegagalan di Piala Afrika

Dijabarkan di atas, Burundi hanya satu kali saja berhasil masuk ke Piala Afrika atau Africa Cup of Nations (AFCON) 2019. Di kompetisi antara negara-negara Afrika yang menjadi anggota CAF tersebut, Burundi berhasil melaju hingga ke fase group.

Burundi masuk ke group B, dan harus berhadapan dengan tim dari Nigeria, Madagaskar, dan Guinea. Di fase ini, Burundi gagal mendapatkan satu poin pun dan berakhir tersingkir dari kompetisi.

Setelah fakta di atas, makin menanti laga Indonesia vs Burgundi di akhir pekan ini, bukan? Mari kita tunggu Timnas Indonesia berlaga!.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments