Thursday, May 23, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga Eropa LainnyaHasil Kualifikasi EURO 2024: Italia vs Inggris 1-2

Hasil Kualifikasi EURO 2024: Italia vs Inggris 1-2

Kualifikasi Euro 2024 Grup C baru saja menuntaskan pertandingan antara Italia vs Inggris yang digelar di Stadion Diego Armando Maradona, Naples pada Jumat 24/3/2023 dini hari WIB.

Hasil dari pertandingan tersebut behasil dimenangkan oleh Inggris dengan skor 1-2. Italia dipaksa harus mengakui keunggulan tim lawan malam tadi.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Dua gol kemenangan milik Inggris tersebut berhasil diciptakan dengan cepat pada babak pertama. Masing-masing gol itu didapatkan oleh aksi Declan Rice dan eksekusi penalti Harry Kane.

Sementara itu, pada sisi Italia yang hanya mampu memperkecil ketinggalan, mereka mendapatkan kesempatan membalas lewat gol debut Mateo Retegui. Pemain berusia 23 tahun tersebut merupakan warga Italia yang lahir di Argentina yang baru saja menjalani laga debutnya bersama Azzurri.

Berkat hasil isi, Inggris semetara berhasil menduduki peringkat pertama klasemen grup C dengan raihan 3 poin. Raihan poin tersebut sama dengan yang diraih oleh Makedonia Utara yang juga menang atasl Malta dengan skor 2-1.

Sementara itu, Italia harus berada di dasar klasemen grup C karena kalah tadi malam.

Babak Pertama

Babak pertama berjalan begitu ketat sejak awal kickoff berlangsung. Inggis berhasil mendominasi lebih awal meski Italia juga tengah memberikan gempuran perlawan yang cukup sengit.

Baru beberapa menit pertandingan berlangsung, Inggris nyatanya berhasil memanfaatkan kesempatan lewat serangan sepak pojok. Al hasil Declan Rice sukses mendapatkan kesempatan emas dan menciptakan gol pembuka untuk pertandingan tersebut.

Inggris pada menit awal berhasil mengungguli Italia dengan skor sementara 1-0 pada menit ke-13.

Pertandingan kembali berlangsung dan Italia terlihat ingin memberikan gol balasan. Beberapa percobaan yang dilakukan tim Azzurri masih belum memberikan hasil.

Di lain sisi, Inggris yang tampil lebih dominan dalam penyerangan berhasil mendapatkan kesempatan untuk menyerang hingga daerah kotak terlarang milik Italia. Pada kesempatan tersebut, pemain Italia ternyata kedapatan melakukan handball pada menit ke-43 setelah wasit melakukan cek lewat VAR.

Karena pelanggaran handball di dalam kotak terlarang, Inggris pun mendapatkan hadiah penalti dari wasit. Harry Kane yang ditunjuk sebagai eksekutor sukses menggandakan skor Inggris dengan sempurna. Saat ini Inggris unggul 2-0 atas Italia di akhir babak pertama.

Skor tersebut bertahan hingga laga turun minum

Babak Kedua

Setelah mendapatkan waktu jeda turun minum, tampaknya Italia di ruang ganti telah menyusun strategi baru untuk mengejar ketertinggalan mereka dari Inggris tersebut.

Memasuki babak kedua, Italia berhasil memberikan perlawan luar biasa terhadap tim lawan. Tuan rumah berhasil membuat tekanan yang luar biasa pada lini belakang Inggris serta sukses memperkecil ketertinggalan.

Pada menit ke-56, Italia mendapatkan kesempatan emas yang sukses dimatangkan oleh Retegui menjadi sebuah gol. Akhirnya Italia bisa memperkecil ketertinggalan dengan skor 1-2.

Gol tersebut berasal dari assis brilian milik Lorenzo Pellegrini, yang membuat Retegui mendapatkan gol pertamanya pada laga debut bersama Azzurri tersebut. Jordan Pickford yang saat itu menjadi kiper Inggris harus kebobolan satu gol.

Selang beberapa menit, permainan yang memanas lantas membuat kedua tim harus tampil agresif. Di sisi Italia, mereka harus bekerja keras untuk mengejar ketertinggalan, sementara Inggris harus mempertahankan keunggulan.

Akibat agresifitas dari Italia tersebut, akhirnya Inggris harus bertahan mati-matian yang membuat salah satu pemain mereka diganjar kartu merah. Pada menit ke-80 Inggris harus rela bermain 10 pemain setelah Luke Shaw yang mendapatkan akumulasi kartu kuning kedua karena melanggar Retegui.

Bermain 10 pemain, nyatanya Inggris tak melemah. Mereka bermain ekstra keras untuk mempertahankan keunggulan dalam 10 menit terakhir.

Italia yang saat ini mendapatkan kesempatan emas akibat tim lawan yang hanya 10 orang nyatanya tidak mampu melesatkan banyak gempuran.

Meski mendominasi di menit – menit akhir, Italia yang selalu menekan pertahanan Inggris tak mampu mengejar ketertinggalan.

Al hasil, setelah waktu 90 menit dan tambahan waktu berakhir, serta peluit panjang ditiupkan oleh wasit, Italia harus mengakui ketangguhan pertahanan Inggris.

Skor Italia vs Inggris berakhir 1-2 untuk kemenangan The Three Lions.

Susunan Pemain

Italia

Gianluigi Donnarumma; Leonardo Spinazzola, Francesco Acerbi, Rafael Toloi, Giovanni Di Lorenzo; Marco Verratti (Gianluca Scamacca 88′), Jorginho (Sandro Tonali 69′), Nicolo Barella (Bryan Cristante 62′); Lorenzo Pellegrini (Wilfried Gnonto 69′), Mateo Retegui, Domenico Berardi (Matteo Politano 62′).

Pelatih: Roberto Mancini.

Inggris

Jordan Pickford; Luke Shaw, Harry Maguire, John Stones, Kyle Walker; Jude Bellingham (Conor Gallagher 85′), Declan Rice, Kalvin Phillips; Jack Grealish (Phil Foden 69′ (Kieran Trippier 81′)), Harry Kane, Bukayo Saka (Reece James 85′).

Pelatih: Gareth Southgate.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments