Saturday, January 28, 2023
No menu items!
Google search engine
HomeLiga JermanBorussia Dortmund Tumbang di Kandang, Kalah 1 – 2 dari FC Koln

Borussia Dortmund Tumbang di Kandang, Kalah 1 – 2 dari FC Koln

Borussia Dortmund kini harus memendam kekecewaan mendalam usai kalah dari FC Koln pada pertandingan Sabtu (28/11/2020). Posisi Dortmund yang sebelumnya tepat berada di bawah Bayern Munchen yakni di urutan ke-2 kini harus bergeser menjadi peringkat ke-3. RB Leipzig berhasil mengumpulkan poin yang lebih banyak sehingga bisa mengungguli Die Borussian.

Kekalahan 1 – 2 di kandangnya sendiri tentu membuat klub ini menjadi kecewa. Apalagi nama sang striker Erling Haaland yang saat ini tengah bersinar di kancah sepak bola Eropa membuat klub ini semakin dirundung kekecewaan. Tim yang diunggul-unggulkan dalam prediksi sebelum pertandingan dimulai mau tidak mau harus menerima kekalahan dan dampak dari kekalahan tersebut.

Borussia Dortmund Tak Berkutik Lawan FC Koln

Ketika sebuah klub bermain di kandangnya sendiri, biasanya mereka bakal lebih dominan karena sudah tahu kondisi lapangan tempat sehari-hari latihan. Ditambah dukungan dari para supporter yang tentu saja jumlahnya lebih banyak ketika bermain di kandang sendiri. Sayangnya, Borussia Dortmund tidak berhasil menang dan tumbang di kandangnya sendiri.

FC Koln justru tampil sangat mengejutkan dalam pertandingan Sabtu ini di Signal Iduna Park. Pertandingan ke-9 Bundesliga tersebut berhasil dimenangkan oleh klub yang saat ini berada di posisi jauh di bawah Dortmund, yakni peringkat ke-15. Meski sempat diremehkan nyatanya mereka mampu mematahkan prediksi publik yang lebih banyak mengunggulkan klub lawannya Dortmund.

Die Borussian pun menjadi semakin sulit untuk mendekati Bayern Munich yang kini semakin nyaman berada di posisi teratas. Kegigihan FC Cologne untuk mengungguli Dortmund patut diacungi jempol. Apalagi mereka berhasil memberi kejutan dan memimpin pertandingan saat laga baru berjalan sembilan menit di babak pertama.

FC Koln berhasil unggul dengan skor sementara 1 – 0 setelah umpan sepak pojok dari Marius Wolf untuk Ellyes Skhiri terkawal dengan mulus hingga berhasil membobol gawang Dortmund. Tak mau kalah, Die Borussian berusaha untuk menandingi skor unggul yang didapatkan lawannya di awal pertandingan tersebut.

Erling Haaland sempat mendapatkan peluang emas pada menit ke-26 untuk menyamakan kedudukan. Sayangnya, striker handal tersebut lepas dari pengawalan setelah mendapatkan umpan terobosan dari Marco Reus. Bola yang disepaknya dari dalam kotak penalti masih melebar tipis dari gawang FC Koln. Pertandingan babak pertama pun berakhir dengan kemenangan untuk tim tamu 1 – 0.

Lagi-lagi Dortmund mendapatkan mimpi buruknya setelah Skhiri berhasil mencetak gol pada menit ke-61. Sehingga skor pun berubah menajdi 2 – 0 untuk FC Koln. Roman Burku gagal mengantisipasi sundulan Wolf yang didapatkan dari umpan sepak pojok Ondrej Duda dari sisi kiri.

Unggul Tipis

Situasi semakin memanas lantaran klub raksasa nomor dua di Jerman ini harus ketinggalan dua poin dan belum berhasil membobol gawang lawan satu poin pun. Akhirnya pada menit ke-7 Dortmund berhasil menipiskan ketertinggalannya dari FC Koln.

Tim yang berada di bawah asuhan Lucien Favre ini akhirnya melakukan kombinasi umpan pendek di depan kotak penalti. Kombinasi tersebut dilakukan dengan sangat mulus dari Giovanni Reyna yang menyodorkan bola kepada Thorgan Hazard di sisi kiri. Hazard berhasil mencetak gol pertama untuk Borussia Dortmund sehingga mengubah skor sementara menjadi 2 – 1.

Tak ingin menyerah di menit-menit terakhirnya, Dortmund berusaha merundung lini pertahanan FC Coln. Erling Haaland berusaha menyamakan kedudukan di menit-menit terakhir dengan membuat peluang emas melalui umpan dari Marco Reus. Sayang sekali umpan tersebut gagal disepak meskipun Haaland sudah berdiri di depan gawang lawan.

Performa FC Koln pada pertandingan Sabtu dini hari lalu memang patut diacungi jempol. Apalgi pencetak dua gol tim tamu tersebut merupakan pemain Tunisia yang mungkin dari segi kualitas dan namanya belum terlalu populer layaknya pemain bintang lainnya.

Jadon Sancho dan Erling Haaland harus bersiap jika masa keemasannya semakin memudar. Apalagi dua pemain unggulan Borussia Dortmund tersebut sama sekali tidak berhasil menembus lini pertahanan dari FC Cologne. Klub yang sempat menempati zona degradasi ini akhirnya berhasil keluar dari zona tersebut dan menduduki peringkat ke-15 dengan perolehan enam angka. Kemenangan pertama FC Koln di Bundesliga ini benar-benar mengejutkan banyak pihak.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments