Wednesday, June 19, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga EuropaAtalanta Memang Gila! Mampu Hentikan Rekor Tak Terkalahkan Bayer Leverkusen dan Jadi...

Atalanta Memang Gila! Mampu Hentikan Rekor Tak Terkalahkan Bayer Leverkusen dan Jadi Juara Liga Europa

Atalanta telah meraih pencapaian yang luar biasa dengan ditahbiskannya mereka sebagai juara Liga Europa musim 2023/2024. Kemenangan gemilang ini terjadi setelah mereka menghancurkan Bayer Leverkusen dengan skor telak 3-0 dalam laga final yang digelar di Aviva Stadium, Dublin, pada Kamis (23/5/2024) dini hari WIB.

Sebelum pertandingan dimulai, Atalanta sebenarnya dianggap sebagai underdog. Hal ini tidak mengherankan mengingat Bayer Leverkusen datang dengan catatan yang mengesankan, belum pernah merasakan kekalahan sepanjang musim ini di semua kompetisi yang mereka ikuti. Apalagi, baru saja Leverkusen meraih gelar juara Bundesliga untuk pertama kalinya dalam sejarah klub mereka. Sementara itu, Atalanta baru saja menelan kekecewaan dengan kekalahan tipis 0-1 dari Juventus dalam pertandingan final Coppa Italia.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Namun, di atas lapangan, cerita berbeda terjadi. Atalanta tampil dengan superioritas yang mencengangkan sepanjang 90 menit pertandingan. Mereka berhasil membuktikan dominasi mereka dengan menggulung Bayer Leverkusen tiga gol tanpa balas, menorehkan catatan kemenangan yang memukau bagi para penggemar sepak bola di seluruh dunia.

Kemenangan ini tidak hanya menjadi prestasi gemilang bagi Atalanta, tetapi juga merupakan bukti nyata akan kekuatan dan karakter tim ini. Mereka mampu mengatasi semua ekspektasi dan rintangan yang menghadang, menunjukkan bahwa di dalam sepak bola, segalanya mungkin terjadi.

Dengan gelar juara Liga Europa ini, Atalanta telah menorehkan namanya dalam sejarah klub serta membanggakan para penggemar mereka. Keberhasilan ini akan menjadi fondasi yang kuat untuk masa depan yang cerah, di mana mereka dapat terus berprestasi dan bersaing di panggung Eropa.

Ditopang Hat-trick Ademola Lookman, Atalanta Menaklukkan Bayer Leverkusen

Pada malam yang tak terlupakan di Aviva Stadium, Dublin, Atalanta menorehkan kemenangan gemilang atas Bayer Leverkusen dengan skor telak 3-0 dalam laga final Liga Europa. Namun, di balik kemenangan ini terdapat satu nama yang bersinar paling terang: Ademola Lookman.

Pemain internasional Nigeria itu tidak hanya menjadi bintang kemenangan Atalanta, tetapi juga mimpi buruk bagi pertahanan Bayer Leverkusen. Dengan mencetak tiga gol alias hat-trick, Lookman membuktikan betapa besar pengaruhnya dalam meraih trofi juara.

Gol pertama Lookman tercipta berkat instingnya yang luar biasa. Kejelian Lookman dalam menemukan celah di belakang pertahanan lawan memungkinkannya untuk dengan leluasa menerima umpan tarik yang brilian dari Davide Zappacosta. Tanpa ragu, ia melepaskan tembakan yang membobol gawang lawan, menciptakan keunggulan bagi Atalanta.

Namun, Lookman tidak berhenti di situ saja. Pada gol kedua, ia sekali lagi menunjukkan kecerdasannya dengan berhasil mengelabui satu pemain dari Leverkusen sebelum melepaskan tembakan kaki kanan yang melengkung dengan sempurna ke pojok kanan gawang, tak terjangkau bagi upaya Matej Kovar sebagai kiper lawan.

Dan untuk melengkapi penampilannya yang brilian, Lookman mencetak gol ketiganya dengan sebuah tembakan keras menggunakan kaki kirinya yang tidak dapat dibendung oleh Kovar.

Penampilan luar biasa dari Lookman bukan hanya menjadi sorotan dalam pertandingan ini, tetapi juga mencerminkan dedikasi dan kualitasnya sebagai seorang pemain. Kemenangan ini adalah bukti nyata akan kontribusi besar yang dibawa Lookman kepada timnya, serta menjadi tonggak bersejarah dalam karirnya yang gemilang.

Trofi Bersejarah Atalanta dan Gian Piero Gasperini

Kemenangan Atalanta dalam meraih trofi Liga Europa tidak hanya sekadar sebuah pencapaian, melainkan sebuah capaian sejarah yang akan dikenang selamanya. Bagi klub yang telah berdiri sejak 1907, kemenangan ini adalah yang pertama kalinya dalam sejarah mereka di kancah kompetisi Eropa, menambahkan babak baru dalam lembaran panjang perjalanan mereka selama 116 tahun.

Sebelumnya, prestasi Atalanta terbatas pada tingkat domestik, dengan enam gelar juara Serie B, satu gelar juara Serie C, serta satu gelar juara Coppa Italia yang mereka raih pada tahun 1963. Namun, kemenangan ini melampaui segala ekspektasi sebelumnya, menciptakan tonggak bersejarah yang mengukir namanya dalam catatan prestisius sepak bola Eropa.

Perjalanan Atalanta di Liga Europa 2023/2024

Berikut adalah perjalanan Atalanta menuju gelar juara Liga Europa 2023/2024 dalam bentuk list yang lebih rapi:

  1. Fase Grup:
    • Atalanta 2-0 Rakow (De Ketelaere 49′, Ederson 66′)
    • Sporting Lisbon 1-2 Atalanta (Gyokeres 76′ (P); Scalvini 33′, Ruggeri 43′)
    • Sturm Graz 2-2 Atalanta (Prass 13′, Wlodarczyk 80′ (P); Muriel 34′, 45+7′ (P))
    • Atalanta 1-0 Sturm Graz (Djimsiti 50′)
    • Atalanta 1-1 Sporting Lisbon (Scamacca 23′; Edwards 56′)
    • Rakow 0-4 Atalanta (Muriel 14′, 72′, Bonfanti, De Ketelaere 90+2′)
  2. 16 Besar:
    • Sporting Lisbon 1-1 Atalanta (Paulinho 17′, Scamacca 39′)
    • Atalanta 2-1 Sporting Lisbon (Lookman 46′, Scamacca 59′; Goncalves 33′) Agg. 3-2
  3. Perempat Final:
    • Liverpool 0-3 Atalanta (Scamacca 38′, 60′, Pasalic 83′)
    • Atalanta 0-1 Liverpool (Salah 7′) Agg. 3-1
  4. Semifinal:
    • Marseille 1-1 Atalanta (Mbemba 20′; Scamacca 11′)
    • Atalanta 3-0 Marseille (Lookman 30′, Ruggeri 52′, Toure 90+5′) Agg 4-1
  5. Final:
    • Atalanta 3-0 Bayer Leverkusen (Lookman 12′, 26′, 75′)
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments