Sunday, September 29, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga IndonesiaFormat Liga 1 Kembali Normal, Arema FC Tanggapi dengan Positif

Format Liga 1 Kembali Normal, Arema FC Tanggapi dengan Positif

Manajemen Arema FC dengan tegas menyuarakan dukungan mereka terhadap keputusan PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk mengembalikan format kompetisi BRI Liga 1 pada musim 2024/2025 ke format sebelumnya. Klub berlogo singa ini menyatakan bahwa mereka mendukung penuh keputusan ini untuk menghapus championship series seperti yang diterapkan pada musim sebelumnya.

General Manager Arema FC, M. Yusrinal Fitriandi, mengungkapkan pandangannya dalam sebuah pernyataan resmi kepada Redaksi Bola.net pada Jumat (21/06). “Terkait format kompetisi, Arema FC mendukung penuh jika memang sudah menjadi keputusan untuk kembali ke format sebelumnya,” kata Yusrinal.

- Advertisement -
asia9QQ

Inal, sapaan akrab Yusrinal, juga menyoroti dampak positif dari pengembalian format kompetisi yang lebih sederhana ini. Menurutnya, kompetisi tanpa championship series akan menjadi lebih menarik dan kompetitif. “Jika boleh membandingkan, tentu saja nantinya mungkin akan lebih kompetitif,” tambahnya.

Perubahan ini menandai keputusan resmi PT LIB untuk menghilangkan championship series dalam kompetisi BRI Liga 1 2024/2025. Sebelumnya, championship series digunakan untuk menentukan juara musim lalu dengan mengambil empat tim teratas dari babak reguler. Mereka kemudian bertarung dalam pertandingan semifinal dan final yang dilakukan dalam format home-away.

Dengan dukungan kuat dari klub-klub seperti Arema FC, keputusan ini diyakini akan membawa suasana kompetisi yang lebih intens dan menarik bagi para penggemar sepak bola di Indonesia. Perubahan ini juga menandai langkah strategis dalam memperkuat kompetisi Liga 1 menuju tingkat profesionalisme yang lebih tinggi.

Demi Timnas Indonesia

Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Ferry Paulus, menjelaskan alasan di balik keputusan untuk mengembalikan format kompetisi Liga 1 tanpa Championship Series pada musim 2024/2025. Menurutnya, keputusan ini didasarkan pada kepentingan yang lebih besar untuk mendukung Timnas Indonesia.

Ferry Paulus menyatakan pendapatnya dalam sebuah pernyataan pada Kamis (20/06), di mana dia mengungkapkan, “Sudah tidak ada Championship Series, langsung kompetisi full. Sebenarnya bukan tidak baik, ini banyak slot kebutuhan Timnas Indonesia yang harus dipenuhi.”

Salah satu fokus utama adalah penjadwalan kompetisi yang harus berhenti empat hari sebelum periode FIFA Matchday. Hal ini penting untuk memberikan ruang bagi Timnas Indonesia untuk mempersiapkan dan memusatkan latihan mereka dengan optimal.

“Kaitan dengan empat hari sebelum FIFA Matchday ada libur. Padahal, di banyak negara, kompetisi berhenti saat FIFA Matchday. Ini kami berikan ruang kepada Timnas Indonesia untuk bisa memanfaatkan pemusatan latihan yang sangat dibutuhkan,” jelas Ferry.

Langkah ini diharapkan dapat menghindari penyetopan kompetisi di tengah jalan, yang seringkali mengganggu momentum dan persiapan tim nasional. PT LIB juga telah menyiapkan roadmap kompetisi hingga tahun 2027 untuk memastikan kontinuitas dan konsistensi dalam pengelolaan kompetisi Liga 1.

Dengan demikian, keputusan ini bukan hanya untuk meningkatkan kompetitivitas Liga 1 tetapi juga untuk mendukung perkembangan dan prestasi Timnas Indonesia dalam kancah sepak bola internasional. Langkah strategis ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi sepak bola Indonesia secara keseluruhan.

Rekap Hasil Final Championship Series Liga 1 2023/2024

Persib Bandung meraih gelar juara BRI Liga 1 2023/2024 setelah menaklukkan Madura United dengan skor 3-1 pada leg kedua di Stadion Bangkalan pada Jumat (31/5/2024) malam WIB. David da Silva, Marc Klok, dan Beckham Putra menjadi pahlawan kemenangan bagi Pangeran Biru dalam pertandingan penentuan ini.

Meskipun Ciro Alves tidak mencetak gol, kontribusinya dengan tiga assist telah membuktikan keunggulan Persib Bandung sepanjang musim ini. Keberhasilan mereka sebelumnya dengan kemenangan 3-1 di leg pertama di Stadion Si Jalak Harupat memberi mereka keunggulan agregat 6-2.

Persib Bandung tetap mempertahankan semangat dan tampil dengan kekuatan penuh, mengandalkan pertahanan rapat serta serangan tajam yang dipimpin oleh David da Silva dan Ciro Alves. Meskipun Madura United mendominasi babak pertama, Persib mampu memecah kebuntuan pada paruh kedua pertandingan. Tendangan keras dari Ciro Alves yang sempat ditepis oleh Lucas Frigeri berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh David da Silva.

Konsistensi dan ketangguhan Persib Bandung selama musim ini tidaklah mudah dipertahankan, tetapi mereka berhasil mengukuhkan dominasi mereka hingga akhirnya meraih gelar juara BRI Liga 1 2023/2024. Ini menjadi bukti nyata bahwa Persib Bandung layak menyandang mahkota juara sebagai tim terbaik dalam kompetisi bergengsi ini.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments