Thursday, June 20, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga Champions7 Pelatih yang Pernah Membawa Real Madrid Juara Liga Champions

7 Pelatih yang Pernah Membawa Real Madrid Juara Liga Champions

Real Madrid mempertegas status mereka sebagai raja Eropa, bersama sang pelatih, Carlo Ancelotti yang sukses meraih gelar juara Liga Champions 2023/2024.

Real Madrid mengalahkan tim asal Jerman Borussia Dortmund dengan skor 2-0 di babak final. Itu merupakan gelar Liga Champions yang ke-15 dalam sejarah klub.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Bermain di Wembley, Real Madrid membuka peluang kemenangan mereka melalui skor Dani Carvajal. Los Blancos kemudian juga menambah keunggulan berkat asksi yang diperlihatkan oleh Vinicius Junior.

3 trofi Liga Champions kali ini tentu saja begitu spesial bagi sang pelatih  Carlo Ancelotti. Dimana ini menjadi trofi ke-3 yang diberikannya kepada Los Blancos.

Sebelum Anceloti, ada beberapa pelatih yang juga pernah mempersembahkan gelar Juara Liga Champions untuk Real Madrid. Siapa saja mereka.

1. Jose Villalonga

Jose Villalonga merupakan pelatih pertama yang berhasil memenangkan trofi Liga Champions. Dia telah melakukannya saat bersama Real Marid pada musim 1955/1956.

Pada musim berikutnya, Villalonga berhasil membawa Los Blancos mempertahankan gelar juara Liga Champions. Dengan demikian, Villalonga menjadi pelatih pertama yang sukses menjuarai Liga Champions secara beruntun.

Villalonga sendiri tercatat telah melatih Real Madrid selama 3 musim pada tahun 1954 dan 1957. Selain Liga Champions, Villalonga juga telah berhasil mempersembahkan gelar Liga Spayol untuk Los Blancos.

2. Luis Carniglia

Luis Carniglia merupakan salah satu pelatih legendaris Real Madrid. Pelatih asal Argentina ini telah mendapat kepercayaan untuk bisa menangani Los Blancos pada tahun 1957 hingga tahun 1959.

Di bawah bimbingan Carniglia, Real Madrid berhasil melanjutkan dominasinya di Liga Champions. Mereka bahkan berhasil menjadi juara secara beruntun pada 1957/1958 dan 1958/1959.

Bukan hanya Liga Champions, Carniglia bahkan membawa Real Madrid meraih kesuksesan di pentas domestik dengan merebut gelar La Liga 1957/1958. Dia telah memenangkan 3 gelar sebelum meninggalkan Real Madrid.

3. Miguel Munoz

Miguel Munoz merupakan pelatih yang menggantikan  Luis Carniglia di Real Madrid. Ia dipercaya menjadi pelatih Los Blancos pada tahun 1959 dan 1974.

Di bawah asuhan  Munoz, Real Madrid telah berhasil meraih kesuksesan yang sangat besar. Mereka telah merebut Liga Champions 2 kali. yaitu pada 1959/1960 dan 1965/1966.

Tidak hanya itu saja, Los Blancos juga berhasil mendominasi di pentas domestik. Dimana mereka berhasil mendapatkan 9 tofi La Liga.

4. Jupp Heynckes

Jupp Heynckes memiliki kenangan manis bersama dengan Real Madrid. Ia dapat membawa Los Blancos menjadi juara Liga Champions pada musim 1997/1998.

Trofi tersebut sangat istimewa bagi Real Madrid. Sebab Los Blancos harus sabar menunggu selama 32 tahun untuk bisa mendapatkan  septima alias gelar Liga Champions ke-7 mereka.

Ironisnya, kebersamaan Heynckes dengan Los Blancos hanya bisa bertahan selama 1 musim saja, Dimana ia di lengserkan dari jabatannya sebagai kepala pelatih Real Madrid disebabkan karena performa buruk yang di perlihatkan Los Blancos di kancah domestik.

5. Vicente del Bosque

Vicente del Bosque telah sukses mengukir namanya sebagai salah satu pelatih paling tersukses dalam sejarah sepak bola. Kesuksesannya juga terlihat saat sang pelatih membesut Real Madrid.

Pelatih asal Spanyol itu telah berhasil mempersembahkan 2 gelar juara Liga Champions untuk Real Madrid. Kesuksesan sang pelatih terjadi pada musim 1999/2000 dan 2001/2002.

Selain 2 Liga Champions, Del Bosque juga telah mempersembahkan 5 trofi lainnya  untuk Los Blancos. Itu termasuk dengan 2 gelar La Liga.

6. Zinedine Zidane

Zinedine Zidane telah ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid untuk menggantikan Rafael Benitez pada tahun 2016 lalu. Meskipun tidak memiliki banyak pengalaman melatih, Zidane telah berhasil mencatatkan sejarah bersama dengan Los Blancos.

Zidane sukses mempersembahkan 3 gelar Liga Champions beruntun untuk Real Madrid. Los Blancos bahkan mengangkat trofi Si Kuping Besar pada 2015/2016, 2016/2017 dan 2017/2018.

Selama 2 priode bersama dengan Zidane, Los Blancos juga telah mengecap kesuksesan pada pentas domestik. Dimana mereka telah memenangkan 2 gelar La Liga dan 2 Supercopa de Espana.

7. Carlo Ancelotti

Carlo Ancelotti telah ditunjuk sebagai pelatih Real Madrid pada tahun 2013. Di musim perdananya, Ancelotti langsung memberikan gelar Liga Champions.

Sayangnya, Ancelotti kemudian dipecat pada tahun 2015. Akan tetapi, pelatih asal Italia tersebut kemudian bersedia untuk kembali melatih Los Blancos pada tahun 2021.

Pada periode ke-2 di Santiago Bernabeu, Ancelotti telah memberikan banyak gelar untuk Los Blancos. Itu termasuk dengan 2 gelar Liga Champions dan 2 gelar La Liga.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments