Sunday, July 14, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeHot News3 Taktik Berbeda dan Luar Biasa Shin Tae-yong di Piala Asia U-23...

3 Taktik Berbeda dan Luar Biasa Shin Tae-yong di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 bersama sang pelatih, Shin Tae-yong telah menyelesaikan tiga pertandingan fase grup di Piala Asia U-23 2024 dengan hasil yang memuaskan. Dalam tiga laga tersebut, Shin Tae-yong menunjukkan fleksibilitas taktis dengan menerapkan taktik rotasi pemain dalam starting XI pada setiap pertandingan.

Pada laga perdana Grup A Piala Asia U-23 2024, Indonesia mengalami kekalahan dengan skor 0-2 dari tuan rumah Qatar. Meskipun bermain dengan tekad kuat, Rizky Ridho dan rekan-rekannya harus mengakui keunggulan Qatar. Pada pertandingan ini, Indonesia bahkan harus bermain dengan sepuluh pemain setelah dua pemainnya mendapat kartu merah.

- Advertisement -
asia9QQ

Namun demikian, Indonesia tidak menyerah begitu saja. Mereka bangkit dengan gemilang di pertandingan selanjutnya, berhasil mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0 dan Yordania dengan skor mencolok 4-1. Dengan raihan enam poin dari tiga pertandingan, Indonesia berhasil lolos ke babak 8 Besar. Meskipun menjadi runner-up Grup A, perbedaan satu poin dengan Qatar menunjukkan performa yang solid dari pasukan Shin Tae-yong.

Shin Tae-yong cenderung menggunakan formasi 3-4-3 atau 5-4-1 dalam tiga laga fase grup di Piala Asia U-23 2024. Namun, yang menarik, komposisi pemain Indonesia dalam starting XI selalu mengalami rotasi pada setiap pertandingan, menunjukkan kedalaman skuad dan strategi adaptif dari pelatih. Taktik ini memberikan variasi dan kejutan bagi lawan, serta memberikan kesempatan bagi semua pemain untuk berkontribusi dalam perjalanan timnas Indonesia di turnamen ini.

Absennya Justin Hubner pada Pertemuan Melawan Qatar

Pada pertemuan pertama melawan Qatar, Timnas Indonesia U-23 harus bermain tanpa kehadiran Justin Hubner, salah satu pemain kunci mereka. Absennya Hubner menjadi catatan penting dalam strategi tim.

Selain itu, Nathan Tjoe-A-On, yang baru saja bergabung dengan tim, belum mendapatkan kesempatan bermain dari awal dan harus memulai pertandingan dari bangku cadangan. Kehadirannya di tim masih dalam proses adaptasi.

Untuk mengatasi absennya Hubner, pelatih Shin Tae-yong menyesuaikan formasi dengan menurunkan trio Komang Teguh, Rizky Ridho, dan Muhammad Ferarri di lini belakang. Sementara itu, Rio Fahmi dipercaya sebagai pilihan utama di posisi wingback kanan, mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Hubner.

Berikut adalah starting XI Timnas Indonesia U-23 pada pertemuan dengan Qatar:

taktik timnas indonesia u23 vs qatar u23 di piala asia u23 2024

Ketidakhadiran Ivar Jenner dalam Pertemuan dengan Australia

Setelah mendapatkan kartu merah pada pertandingan melawan Qatar, Ivar Jenner harus absen pada pertemuan kedua melawan Australia. Absennya Jenner menjadi sebuah tantangan bagi strategi Timnas Indonesia U-23.

Untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan oleh Jenner, pelatih Shin Tae-yong memilih Nathan Tjoe-A-On untuk mengisi posisi tersebut. Tjoe-A-On berduet dengan Marselino Ferdinand di lini tengah, mencoba memberikan kestabilan dalam permainan tim.

Selain itu, ada perubahan signifikan di sektor kanan tim. Fajar Fathurrahman dan Jeam Kelly Sroyer diberikan kesempatan bermain sejak menit awal. Fathurrahman mengambil alih peran Rio Fahmi sebagai wingback kanan, memperkenalkan variasi baru dalam strategi serangan tim.

Berikut adalah starting XI Timnas Indonesia U-23 dalam pertandingan melawan Australia:

taktik timnas indonesia u23 vs australia u23 di piala asia u23 2024

Starting XI Terkuat Timnas Indonesia U-23 melawan Yordania

Pada pertandingan matchday ketiga melawan Yordania, Timnas Indonesia U-23 dapat menurunkan starting XI terkuat mereka, kecuali Ramadhan Sananta yang tidak bisa dimainkan. Kehadiran semua pemain kunci menjadi keunggulan tersendiri bagi strategi tim.

Pemain kunci seperti Justin Hubner dapat kembali bermain sejak awal setelah absen pada pertandingan sebelumnya. Hubner langsung mengambil peran penting di lini belakang, menggantikan posisi Komang Teguh.

Nathan Tjoe-A-On, yang menjadi sosok penting di lini tengah, tetap dipercaya oleh pelatih untuk bermain pada posisi gelandang tengah. Namun, kali ini, ia berduet dengan Ivar Jenner untuk memberikan kestabilan di lini tengah. Sementara itu, Marselino Ferdinand mendapat peran lebih ofensif sebagai gelandang serang, menambahkan dimensi baru dalam serangan tim.

Berikut adalah Starting XI Timnas Indonesia U-23 saat berhadapan dengan Yordania:

taktik timnas indonesia u23 vs yordania u23 di piala asia u23 2024

Jadwal Babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024

Babak 8 Besar Piala Asia U-23 akan segera dimulai setelah semua pertandingan fase grup selesai digelar. Timnas Indonesia akan bertanding pada Kamis, 25 April 2024 mendatang.

Berikut adalah jadwal lengkap babak 8 Besar Piala Asia U-23 2024:

Kamis, 25 April 2024

  • 21.00 WIB: Qatar vs Jepang

Jumat, 26 April 2024

  • 00.30 WIB: Korea Selatan vs Timnas Indonesia
  • 21.00 WIB: Juara Grup D vs Arab Saudi

Sabtu, 27 April 2024

  • 00.30 WIB: Irak vs Runner-up Grup D
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments