Thursday, July 25, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga IndonesiaJadwal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024

Jadwal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024

Jadwal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 masih menunggu hasil dari perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Meskipun Borneo FC telah dinobatkan sebagai pemenang Regular Series BRI Liga 1 2023/2024 dan telah menerima trofi atas prestasi tersebut, namun juara sesungguhnya akan ditentukan dalam laga final Championship Series.

Menurut keterangan dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), jadwal pertandingan Championship Series masih belum pasti dan akan bergantung pada prestasi Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024. Ferry Paulus, Direktur PT LIB, menjelaskan bahwa jika Timnas Indonesia meraih peringkat ketiga di Piala Asia U-23 2024, maka Championship Series akan dimulai pada 9-10 Mei 2024.

- Advertisement -
asia9QQ

Namun, jika Timnas Indonesia gagal meraih peringkat ketiga dan harus memainkan laga play-off untuk Olimpiade 2024, maka jadwal Championship Series akan diundur. Dalam skenario tersebut, pertandingan Championship Series direncanakan akan dimulai pada 14-15 Mei 2024.

Dengan demikian, jadwal Championship Series BRI Liga 1 2023/2024 masih menunggu kepastian dari perjalanan Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Regulasi Championship Series

Regulasi Championship Series dalam BRI Liga 1 2023/2024 menjadi landasan penting bagi jalannya kompetisi. Dalam aturan tersebut, terdapat beberapa poin yang memberikan gambaran tentang format dan sistem pertandingan yang akan diterapkan.

Menurut poin 5 dalam regulasi, fase Championship Series akan diikuti oleh empat tim teratas yang berada di klasemen akhir BRI Liga 1 2023/2024. Artinya, tim-tim ini akan bersaing untuk meraih gelar juara di babak pamungkas kompetisi.

Lebih lanjut, pada poin ke-7, dijelaskan sistem pertandingan yang akan diterapkan dalam Championship Series. Sistem yang dipilih adalah sistem gugur atau knockout, yang dimulai dengan babak semifinal. Setiap tim akan bertanding dalam dua leg, yakni pertandingan kandang dan tandang. Tim yang berhasil meraih kemenangan secara agregat akan melangkah ke babak final.

Salah satu poin penting dalam regulasi ini adalah mengenai aturan gol tandang. Dalam Championship Series, tidak diberlakukan aturan gol tandang. Jadi, jika agregat skor pada akhir leg kedua berakhir imbang, misalnya 1-1 atau 2-2, pertandingan akan dilanjutkan ke waktu tambahan (extra time). Jika hingga waktu tambahan tidak ada pemenang yang dihasilkan, pertandingan akan dilanjutkan melalui adu penalti untuk menentukan tim mana yang akan melaju ke babak selanjutnya.

Peserta dan Format di Championship Series?

Babak Championship Series di BRI Liga 1 2023/2024 akan menjadi panggung bagi persaingan ketat di antara tim-tim terbaik. Dengan sistem gugur atau babak semifinal, keempat tim berikut akan bersaing untuk meraih gelar juara:

  1. Borneo FC
  2. Persib Bandung
  3. Bali United
  4. Madura United

Keempat tim ini telah menunjukkan performa yang konsisten dan mengesankan selama musim reguler, yang mengantarkan mereka ke babak pamungkas ini.

Pada babak Championship Series, format pertandingan telah ditetapkan sesuai dengan regulasi. Tim yang menempati peringkat pertama (Borneo FC) akan bertemu dengan tim yang berada di peringkat keempat (Madura United). Sementara itu, tim yang menempati peringkat kedua (Persib Bandung) akan berhadapan dengan tim yang berada di peringkat ketiga (Bali United). Penentuan ini telah diatur sebelumnya dan menjadi bagian dari struktur kompetisi yang telah ditetapkan.

Jadwal Pertandingan

Berikut adalah jadwal lengkap untuk babak semifinal dan pertandingan final dalam Championship Series BRI Liga 1 2023/2024:

Leg 1 Semifinal:

Rabu, 14 Mei 2024 19.00 WIB: Bali United FC vs Persib Bandung

Duel seru pertama dalam babak semifinal akan menyuguhkan pertemuan antara Bali United FC dan Persib Bandung. Kedua tim akan berusaha keras untuk meraih hasil positif di leg pertama ini dan mengambil keunggulan sejak awal.

Kamis, 15 Mei 2024 19.00 WIB: Madura United FC vs Borneo FC Samarinda

Madura United FC akan menjamu Borneo FC Samarinda dalam laga leg pertama semifinal lainnya. Pertemuan ini akan menjadi ujian ketat bagi kedua tim untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka di lapangan.

Leg 2 Semifinal:

Sabtu, 18 Mei 2024 19.00 WIB: Persib Bandung vs Bali United FC

Persib Bandung akan berusaha membalikkan keadaan ketika mereka bertemu kembali dengan Bali United FC di leg kedua semifinal. Kedua tim akan berusaha keras untuk memastikan tempat mereka di partai final.

Minggu, 19 Mei 2024 19.00 WIB: Borneo FC Samarinda vs Madura United FC

Borneo FC Samarinda akan menjamu Madura United FC dalam pertandingan leg kedua semifinal. Kedua tim akan memberikan yang terbaik untuk mencapai ambisi mereka menuju final.

Perebutan Tempat ke-3:

Leg 1: Sabtu, 25 Mei 2024 19.00 WIB: Kalah semifinal 1 vs kalah semifinal 2

Dalam pertandingan perebutan tempat ketiga, tim yang kalah di semifinal pertama akan bertemu dengan tim yang kalah di semifinal kedua. Kedua tim akan berusaha untuk mengakhiri kompetisi dengan meraih tempat di podium ketiga.

Leg 2: Kamis, 30 Mei 2024 19.00 WIB: Kalah semifinal 2 vs kalah semifinal 1

Pada leg kedua pertandingan perebutan tempat ketiga, tim yang kalah di semifinal kedua akan berhadapan dengan tim yang kalah di semifinal pertama. Pertandingan ini akan menjadi penentu untuk menentukan siapa yang akan mengakhiri kompetisi di posisi ketiga.

Final:

Leg 1: Minggu, 26 Mei 2024 19.00 WIB: Menang semifinal 1 vs menang semifinal 2

Partai final akan mempertemukan pemenang dari semifinal pertama melawan pemenang dari semifinal kedua. Pertandingan ini akan menjadi momen puncak dari kompetisi, di mana kedua tim akan bersaing untuk meraih gelar juara.

Leg 2: Jumat, 31 Mei 2024 19.00 WIB: Menang semifinal 2 vs menang semifinal 1

Pada leg kedua final, kedua tim akan bertemu kembali untuk menentukan siapa yang akan menjadi juara. Kedua tim akan memberikan yang terbaik dalam upaya mereka untuk mengangkat trofi juara BRI Liga 1 2023/2024.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments