Thursday, June 20, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga SpanyolBarcelona Ungguli Real Sociedad 2-0, Lamine Yamal Cetak Gol

Barcelona Ungguli Real Sociedad 2-0, Lamine Yamal Cetak Gol

Barcelona berhasil mengalahkan Real Sociedad dengan skor meyakinkan 2-0 dalam laga jornada 35 La Liga 2023/2024 yang berlangsung di Estadio Olimpico Lluis Companys pada Selasa (14/5/2024) dini hari WIB.

Pertandingan dimulai dengan tempo tinggi, di mana Barcelona langsung menunjukkan dominasinya atas Real Sociedad. Gol pembuka tercipta pada menit ke-17 melalui aksi cemerlang Lamine Yamal. Pemain muda berbakat ini memanfaatkan umpan terobosan dari Pedri, melewati dua pemain bertahan Sociedad, dan dengan tenang menaklukkan kiper Alex Remiro. Gol ini membawa Barcelona unggul 1-0 dan semakin percaya diri mengendalikan jalannya pertandingan.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Memasuki babak kedua, Real Sociedad berusaha meningkatkan intensitas serangan untuk menyamakan kedudukan. Namun, lini pertahanan Barcelona yang digalang oleh Jules Koundé dan Andreas Christensen tampil solid, mencegah setiap upaya dari Sociedad untuk menciptakan peluang berbahaya.

Pada menit ke-89, Barcelona mendapat hadiah penalti setelah Gavi dijatuhkan di kotak terlarang oleh Aritz Elustondo. Raphinha yang dipercaya sebagai eksekutor dengan tenang menjalankan tugasnya, mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang tanpa bisa dijangkau oleh Remiro. Gol dari Raphinha memastikan kemenangan Barcelona dengan skor 2-0.

Kemenangan ini membawa Barcelona kembali ke posisi kedua klasemen sementara La Liga dengan raihan 76 poin, menggeser Girona. Dengan tiga laga tersisa, Barcelona tetap berada dalam persaingan ketat untuk finis di posisi terbaik dan memastikan tiket Liga Champions musim depan. Sementara itu, kekalahan ini membuat Real Sociedad tetap tertahan di peringkat ketujuh dengan 54 poin, yang berarti mereka harus berjuang lebih keras untuk mengamankan posisi di zona kompetisi Eropa.

Babak Pertama

Barcelona memulai laga dengan agresivitas tinggi, mencoba mendominasi permainan sejak menit awal. Sejumlah peluang tercipta melalui kerja sama apik antara lini tengah dan depan, namun upaya dari para pemain Barca masih gagal berbuah gol. Ketangguhan lini belakang Real Sociedad membuat Barcelona harus bekerja ekstra keras untuk membongkar pertahanan mereka.

Gol pembuka akhirnya tercipta pada menit ke-40 melalui aksi gemilang Lamine Yamal. Serangan cantik yang dibangun dari lini tengah berawal dari Ilkay Gundogan yang mengirimkan umpan terobosan sempurna ke Yamal. Pemain muda ini berhasil melewati penjagaan ketat dan dengan tenang menaklukkan kiper Alex Remiro. Gol ini membawa Barcelona unggul 1-0 dan meningkatkan semangat tim menuju akhir babak pertama.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Barcelona tetap tampil dominan, menguasai bola dan menciptakan berbagai peluang. Namun, mereka terus mengalami kesulitan dalam menembus pertahanan rapat Real Sociedad. Di sisi lain, Sociedad mulai bermain lebih terbuka dan beberapa kali berhasil mengancam lini belakang tuan rumah. Hal ini memaksa Marc-André ter Stegen melakukan beberapa penyelamatan penting.

Pertandingan semakin intens saat memasuki menit-menit akhir. Pada masa injury time, drama terjadi ketika wasit memutuskan memberikan penalti kepada Barcelona setelah mengecek VAR dan melihat adanya pelanggaran di kotak terlarang. Raphinha, yang ditunjuk sebagai eksekutor, menjalankan tugasnya dengan sempurna. Tembakan kerasnya ke pojok kanan gawang tidak mampu dihalau oleh Remiro, memastikan Barcelona menutup pertandingan dengan kemenangan 2-0.

Klasemen dan Implikasi

Kemenangan ini sangat penting bagi Barcelona, karena berhasil membawa mereka kembali ke posisi kedua klasemen sementara La Liga dengan raihan 76 poin, menggeser Girona. Dengan hanya tiga pertandingan tersisa, Barcelona berada dalam posisi yang kuat untuk mengamankan tiket Liga Champions musim depan. Di sisi lain, kekalahan ini membuat Real Sociedad tetap berada di peringkat ketujuh dengan 54 poin.

Kesimpulan

Pertandingan ini memperlihatkan kualitas dan determinasi Barcelona dalam menghadapi tekanan. Performa impresif dari Lamine Yamal dan eksekusi penalti yang tenang dari Raphinha menjadi penentu kemenangan Blaugrana. Real Sociedad, meski menunjukkan perlawanan yang tangguh, harus menerima kenyataan pahit ini dan mengevaluasi strategi mereka untuk pertandingan selanjutnya.

Dukungan penuh dari para fans di Estadio Olimpico Lluis Companys memberikan motivasi tambahan bagi para pemain Barcelona. Tim yang bertekad untuk terus tampil maksimal hingga akhir musim. Kemenangan ini tidak hanya mengamankan tiga poin berharga tetapi juga menunjukkan kesiapan Barcelona untuk bersaing di level tertinggi.

Susunan Pemain Kedua Tim

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Jules Kounde, Pau Cubarsi, Inigo Martinez, Joao Cancelo; Pedri (Fermin Lopez 70′), Andreas Christensen (Sergi Roberto 70′), Ilkay Gundogan (Oriol Romeu 90′); Lamine Yamal, Robert Lewandowski (Ferran Torres 76′), Raphinha.

Pelatih: Xavi.

Real Sociedad: Alex Remiro; Hamari Traore (Alvaro Odriozola 79′), Aritz Elustondo, Robin Le Normand, Jon Pacheco (Kieran Tierney 70′); Jon Aramburu (Ander Barrenetxea 70′), Benat Turrientes, Mikel Merino, Mikel Oyarzabal; Sheraldo Becker (Takefusa Kubo 70′), Brais Mendez (Arsen Zakharyan 79′).

Pelatih: Imanol Alguacil.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments