Sunday, July 14, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga Spanyol5 Fakta Menarik Tentang Ilkay Gundogan Barcelona: Mengidolakan Xavi

5 Fakta Menarik Tentang Ilkay Gundogan Barcelona: Mengidolakan Xavi

Barcelona kini telah resmi mengamankan jasa dari Ilkay Gundogan yang berstatus bebas transfer dari Manchester City. Barcelona telah resmi mengumumkan kedatangan Gundogan ke Camp Nou.

Gundogan mulai merapat ke Barcelona setelah sukses bersama The Citizens pada musim 2022/2023 lalu. Pada musim tersebut, Gundogan meraih 3 tropi bersama Manchester City. Mereka merayakan 3 gelar juara yakni Liga Champions, Piala FA, dan Premier League.

- Advertisement -
asia9QQ

Barcelona mengikat Gundogan dengan masa durasi kontrak sampai Juni 2025. Selain itu, ada opsi untuk memperpanjang kontrak selama 1 musim. Barcelona juga memberikan harga pelepasan sebesar 400 juta Euro dalam kontrak Gundogan.

Sebagai pemain, Gundogan memiliki perjalanan yang cukup panjang. Namun, ia mulai dikenal oleh para publik ketika tampil bagus bersama Borussia Dortmund. Gundogan menjadi salah satu pembelian Pep Guardiola saat memulai proyek pembangunan Manchester City pada tahun 2016.

Gundogan pun menjadi pemain yang paling sukses, di mana ia dapat membawa Manchester City juara dalam waktu bersamaan, dan itu akan menjadi kenangan yang indah bagi Gundogan.

Schalke Membuat Patah Hati

Meskipun Gundogan menjadi pemain kelas dunia di Borussia Dortmund, dia tumbuh dengan mendukung rival mereka, yaitu Schalke 04, seperti kebanyakan anak dari Gelsenkirchen. Ketika dia akan masuk ke akademi Schalke 04 pada usia 8 tahun, dia senang, tetapi ada masalah dengan pergelangan kakinya yang membuatnya dilepas setelah 1 musim.

“Saya berusia delapan tahun ketika saya menemukan betapa brutalnya bisnis ini. Itu memukul saya dengan keras. Jauh di kemudian hari, saya akan memahaminya. Tapi saat itu rasanya impian saya sudah berakhir dan karier saya sudah tamat,” ucap Gundogan pada The Players’ Tribune.

Namun, kariernya jauh dari kata selesai, karena Gundogan kemudian mulai bermain untuk Bochum, Nurnberg, Borussia Dortmund, Manchester City, dan sekarang dia bermain untuk Barcelona.

Sepupunya adalah Pemain Voli

Gundogan bukanlah satu-satunya atlet profesional di keluarganya. Sepupunya, Naz Aydemir, merupakan salah satu Setter terbaik di olahraga voli wanita Eropa dan telah memenangkan medali bersama timnas Turki.

Gundogan sering kali berpergian bersama keluarganya, yang keturunan Turki, untuk melihat pertandingannya dalam kompetisi nasional.

Koneksi Gundogan dan Lewandowski

Transfer kali ini akan menyatukan kembali Gundogan dengan Lewandowski, di mana sang gelandang dan striker akan bermain kembali bersama. Mereka memainkan 77 pertandingan bersama di Borussia Dortmund dari 2011 hingga 2013, memenangkan Bundesliga 2011/2012, DFB-Pokal 2011/2012, dan Piala Super DFL 2013.

Di Borussia Dortmund, mereka telah mengembangkan chemistry yang sangat baik, dengan Lewandowski memimpin barisan dan Gundogan bermain di lini tengah. Sekarang, mereka akan berusaha untuk meniru kerjasama tersebut di La Liga.

Pencetak Gol dalam Laga Penting

Gundogan adalah gelandang lengkap yang bisa bertahan, menggiring bola, mengumpan bola, dan mencetak gol. Dia bahkan tidak hanya mencetak banyak gol, tetapi juga mencetak 10 gol dalam 3 musim terakhirnya. Selain itu, dia mencetak gol-gol hebat.

Faktanya, tendangan voli yang dilakukan oleh Gundogan pada detik ke-13 saat pertandingan Piala FA 2023 melawan Manchester United dinobatkan sebagai gol terbaik Manchester City musim ini.

Gol tersebut merupakan gol terbaik bagi fans The Citizens saat pertandingan berlangsung, dan itu akan menjadi gol yang dapat dikenang oleh Gundogan selama berseragam Manchester City.

Mengidolakan Xavi

Transfer ini akan sangat menarik bagi Gundogan karena pelatih barunya sekarang adalah Xavi Hernández, yang merupakan pemain yang diidolakannya saat memulai kariernya sendiri. Seperti yang pernah ia sampaikan dalam sebuah wawancara, dia berkata, “Saya mengagumi Xavi, karena dia selalu menjadi panutan saya dan saya memandangnya. Dia adalah seorang master. Saya sangat menikmati perannya dalam tim hebat Barça itu,” kata Gundogan.

Sekarang, Gundogan akan berusaha memimpin lini tengah Barcelona yang luar biasa.

Dan ini akan menjadi kenangan yang tidak akan dilupakan oleh Gundogan karena ia akan bermain di bawah pelatih idolanya, Xavi. Namun, Gundogan akan berusaha untuk tidak mengecewakan idolanya saat Liga dimulai.

Dengan bergabung bersama Barcelona, saat ini Ilkay Gundogan akan memikul harapan besar pada lini tengah klub besar Spanyol tersebut. Akankah ia mampu menjawab ekspektasi dari para penggemar nantinya? Mari kita tunggu.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments