Thursday, July 25, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeHot News4 Fakta Menarik Ilidio Vale: Pelatih Qatar U-23 yang Pernah Latih Pemain...

4 Fakta Menarik Ilidio Vale: Pelatih Qatar U-23 yang Pernah Latih Pemain Top Dunia

Pertandingan Timnas Indonesia U-23 vs Qatar U-23 kali ini akan menjadi panggung bagi pelatih Shin Tae-yong untuk berhadapan langsung dengan Ilidio Vale, seorang pelatih yang memiliki reputasi internasional yang mengesankan.

Pertemuan antara Indonesia U-23 dan Qatar akan terjadi pada matchday pertama Grup A Piala Asia U-23 2024, yang dijadwalkan berlangsung pada Senin (15/4/2024). Laga ini akan digelar di Stadion Jassim Bin Hamad, dimulai pukul 22.30 malam WIB. Harapan kali ini bahwa Timnas Indonesia U-23 bisa memulai turnamen dengan langkah yang kuat.

- Advertisement -
asia9QQ

Grup A selain dihuni oleh Indonesia dan Qatar, juga akan melibatkan Yordania dan Australia, menjadikan kompetisi di grup ini sangat ketat dan menarik untuk disaksikan. Dengan melihat komposisi pelatih yang akan bersaing, dapat dipastikan bahwa persaingan akan semakin seru.

Di pihak Indonesia, Shin Tae-yong adalah figur yang telah terbukti memiliki pengalaman dan kemampuan taktis yang luar biasa, termasuk di Piala Dunia 2018. Sementara itu, Qatar akan dibimbing oleh Ilidio Vale, seorang asisten pelatih Portugal yang ikut serta dalam kesuksesan tim nasional Portugal meraih gelar juara Euro 2016. Reputasi Ilidio Vale sebagai pelatih yang berbakat dan berpengalaman memberikan tantangan tersendiri bagi Indonesia.

Mari kita telusuri beberapa fakta menarik tentang Ilidio Vale yang mungkin akan memengaruhi dinamika pertandingan nanti.

Ilidio Vale: Pengalaman Luar Biasa sebelum Qatar U-23

Sebelum bergabung dengan tim Qatar U-23, Ilidio Vale telah membangun reputasi yang kuat dalam dunia sepakbola. Meskipun tidak pernah menjadi pelatih kepala, perannya sebagai bagian dari tim kepelatihan Timnas Portugal dari tahun 2014 hingga 2022 memberikannya pengalaman yang berharga.

Ilidio Vale menjabat sebagai asisten dari pelatih terkenal Fernando Santos di Timnas Portugal. Sebelumnya, ia juga telah bekerja sama dengan Santos saat meraih gelar Taca de Portugal pada musim 2019/2000. Keberhasilan bersama Portugal tidak berhenti di situ saja.

Pada tahun 2016, Ilidio Vale turut berkontribusi pada kemenangan Portugal dalam ajang Euro 2016. Selain itu, ia juga terlibat dalam keberhasilan Portugal meraih gelar UEFA Nations League pada tahun 2019. Dalam perannya sebagai bagian dari tim kepelatihan, Ilidio Vale telah memberikan kontribusi yang berharga dalam membangun dan membimbing para pemain untuk mencapai puncak kesuksesan.

Tidak hanya itu, Ilidio Vale juga memiliki pengalaman yang mengesankan dalam melatih para pemain top. Salah satu contoh terbesar adalah pengalamannya melatih Cristiano Ronaldo, salah satu pemain terbaik sepanjang masa dalam sejarah sepakbola.

Karier Melatih Ilidio Vale: Pengalaman Luar Biasa di Berbagai Tingkatan

Selain menjadi asisten pelatih Fernando Santos di Timnas Portugal, Ilidio Vale juga memiliki pengalaman yang luas sebagai pelatih kepala. Meskipun belum pernah melatih di level senior, catatan karier Ilidio Vale tetap mengesankan.

Ilidio Vale telah mengabdikan dirinya sebagai pelatih pada berbagai level usia di Timnas Portugal. Dia telah melatih berbagai tim, mulai dari Portugal U-15, U-18, U-19, hingga U-20. Bahkan, pengalamannya tidak hanya terbatas pada level internasional, karena Ilidio Vale juga pernah menjabat sebagai manajer untuk Akademi Portugal. Di mana dia berkontribusi dalam pengembangan talenta-talenta muda negara tersebut.

Di tingkat klub, Ilidio Vale juga telah memiliki peran penting dalam pembinaan pemain muda. Dia pernah menjabat sebagai pelatih tim muda Porto dan juga sebagai asisten untuk tim senior Porto. Selama di Porto, Ilidio Vale berhasil mengembangkan bakat-bakat muda, salah satunya adalah Deco, yang kemudian menjadi salah satu pemain terkemuka di dunia sepakbola.

Catatan karier yang kaya dan beragam ini menunjukkan kemampuan Ilidio Vale dalam mengelola dan membimbing para pemain muda, serta kemampuannya untuk mengembangkan potensi sepenuhnya.

Jejak Sentuhan Ilidio Vale di Indonesia: Amido Balde dan Para Pemain Berbakat

Meskipun belum pernah secara langsung terlibat dalam dunia sepakbola Indonesia, jejak kepelatihan Ilidio Vale dapat dijumpai melalui beberapa pemain yang pernah dilatihnya. Salah satu contoh yang paling mencolok adalah Amido Balde, yang telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam kompetisi sepakbola Indonesia.

Amido Balde, pemain yang pernah bermain untuk klub BRI Liga 1 seperti Persebaya Surabaya dan PSM Makassar, telah menorehkan prestasi gemilang di lapangan hijau Indonesia. Dengan total 19 gol yang ia ciptakan untuk Persebaya, termasuk 10 gol yang dicetaknya dalam ajang Piala Indonesia 2019, Balde berhasil menjadi salah satu pencetak gol terbanyak dalam turnamen tersebut. Torehan tersebut membuatnya menjadi top skor Piala Indonesia, bersama dengan Zulham Zamrun.

Amido Balde bukan satu-satunya pemain yang merasakan sentuhan kepelatihan Ilidio Vale. Sebagai mantan pemain Timnas Portugal U-19 dan U-20 yang dilatih oleh Vale. Balde telah menerima arahan dan pembimbingan dari pelatih yang memiliki reputasi tinggi tersebut. Selain Balde, Ilidio Vale juga pernah melatih Evandro Brandao, yang saat ini bermain untuk RANS Nusantara FC di BRI Liga 1 2023/2024. Carlos Fortes juga merupakan salah satu dari para pemain yang pernah mendapatkan bimbingan dari Ilidio Vale.

Rekor Ilidio Vale di Timnas Qatar U-23

  1. Asian Games 2023:
    • Kekalahan dari Jepang (1-3)
    • Kekalahan dari China (0-1)
    • Hasil imbang melawan Palestina (0-0)
  2. Kualifikasi Piala Asia U-23:
    • Tiga kemenangan dari tiga pertandingan
    • Total sembilan gol dicetak oleh tim Qatar U-23
    • Secara keseluruhan, tiga kemenangan dari sembilan pertandingan di semua ajang.
RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments