Tuesday, April 30, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga JermanRekor Clean Sheets Penjaga Gawang yang Paling Banyak di Bundesliga

Rekor Clean Sheets Penjaga Gawang yang Paling Banyak di Bundesliga

Rekor clean sheets penjaga gawang di Bundesliga paling banyak dipegang oleh beberapa pemain terkenal yang telah berhasil membubuhkan catatan manis. Meskipun peran kiper bukan sebagai garda terdepan untuk melakukan penyerangan, namun peran dan tanggung jawabnya tidak bisa dianggap enteng.

Beberapa kiper berhasil memegang rekor clean sheets penjaga gawang yang paling banyak di Bundesliga berkat skill dan kemampuan mereka dalam menjaga gawang. Tentu tidak bisa sembarangan dan dibutuhkan beberapa skill tertentu untuk bisa memecahkan rekor clean sheets dan aman dari kebobolan.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Daftar Pemain dengan Rekor Clean Sheets Penjaga Gawang di Bundesliga

Peran seorang penjaga gawang dalam sebuah permainan sepak bola sangatlah penting, karena tanpa penjaga gawang maka permainan tidak akan bisa dimulai. Tanpa penjaga gawang, lawan akan dengan mudah membobol gawang lawannya. Meskipun posisinya berada di belakang, namun perannya sangatlah krusial.

Beberapa pemain berhasil mendapatkan rekor clean sheets penjaga gawang di Bundesliga dengan sangat apik. Artinya mereka memiliki skill mumpuni sehingga bisa memegang rekor tersebut.

Kemampuan yang dimiliki oleh para penjaga gawang berkualitas pun tidak bisa didapatkan secara instan. Mereka harus berlatih sebaik mungkin sebagaimana pemain lainnya agar bisa menjaga gawang dengan baik dan melakukan penyelamatan sehingga terhindar dari kebobolan.

Jika para pemain penyerang bisa berlomba-lomba untuk mencatatkan rekor mencetak gol, penjaga gawang juga memiliki rekor tersendiri yang dikenal dengan istilah clean sheets. Beberapa nama berikut ini tercatat sebagai pemegang rekor clean sheets penjaga gawang terbanyak di Bundesliga.

1. Oliver Kahn

Oliver Kahn merupakan pemain kiper asal Jerman yang sudah memulai karir juniornya sejak tahun 1975 bersama Karlsruher SC. Pada tahun 1987, Oliver Kahn kemudian memulai debut karir profesionalnya.

Kahn mulai dikenal sejak bergabung bersama Bayern Munchen pada tahun 1994 dengan julukan ‘Der Titan’. Sejak berkarir bersama klub raksasa asal Jerman ini, Oliver Kahn telah berhasil menorehkan banyak prestasi. Mulai dari pemenang Liga Champions 2001, peraih enam piala kejuaraan DFB Pokal, hingga penghargaan individu sebagai pemain kiper terbaik.

Sejauh ini Oliver Kahn telah berhasil memegang rekor clean sheets penjaga gawang di Bundesliga dengan total perolehan 196. Rekor ini menjadi rekor paling banyak di Bundesliga sebelum akhirnya disalip oleh pemain kenamaan Manuel Neuer.

Pemain yang saat ini tengah berusia 51 tahun tersebut telah mengakhiri karirnya pada tahun 2008 silam. Meskipun sudah pensiun, Oliver Kahn merupakan salah satu pemain legenda kebanggan Jerman dan dunia yang tegas dan memiliki daya juang yang tinggi.

2. Manuel Neuer

Jerman memang tidak ada habisnya mencetak pemain-pemain handal, salah satunya adalah Manuel Neuer. Pemain yang memulai karir di Schalke 04 ini mulai dikenal sejak tahun 2006/2007 saat ia mulai debut dengan menggantikan Frank Rost saat pertandingan putaran kedua.

Pemain yang saat ini berusia 34 tahun tersebut telah bergabung bersama klub kenamaan Bayern Munchen sejak 1 Juni 2011. Hingga sekarang karirnya masih bertahan di Bayern Munchen dan tim nasional Jerman.

Manuel Neuer memang layak dinobatkan sebagai pemain kiper terbaik dunia lantaran rekor clean sheets penjaga gawang di Bundesliga yang berhasil dipecahkannya. Rekor sebanyak 196 clean sheets yang sebelumnya dipegang Oliver Kahn kini berhasil dipecahkan oleh Neuer yang mendapatkan rekor clean sheets sebanyak 197.

Dengan usianya yang masih muda dan peluang karir yang masih banyak, tentu angka ini bisa bertambah dalam pertandingan-pertandingan selanjutnya. Tak heran jika kini Neuer mendapatkan penghargaan luar biasa sebagai seorang kiper.

3. Oliver Reck

Pemain yang bergabung bersama Werder Bremen pada tahun 1985 ini merupakan salah satu dari total 11 pemain kiper yang telah berhasil menorehkan gol di Bundesliga. Sepanjang karirnya sebagai penjaga gawang, Reck telah berhasil meraih satu Piala UEFA, dua gelar Bundesliga, dan dua piala DFB Pokal.

Oliver Reck telah berhasil mencatatkan rekor clean sheets penjaga gawang sebanyak 176 dari 476 laga yang dilakoninya. Pemain asal Jerman yang kini berusia 55 tahun tersebut berhasil mencatatkan sebanyak 37,4% clean sheet di sepanjang karirnya sebagai penjaga gawang.

Pemain-pemain hebat yang berhasil memecahkan rekor clean sheets penjaga gawang di Bundesliga tersebut tentu tidak instan dalam mendapatkannya. Kerja keras dan latihan yang mereka lakukan selama ini membuahkan skill yang menghasilkan prestasi luar biasa.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments