Wednesday, May 1, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga Indonesia7 Fakta Unik Negara Fiji: Lawan TimNas Indonesia U-20 di Internasional Friendly...

7 Fakta Unik Negara Fiji: Lawan TimNas Indonesia U-20 di Internasional Friendly Match

Negara Fiji yang jadi lawan Timnas Indonesia U-20 di Internasional Friendly Match kali ini ternyata meiliki 5 fakta unik. Pertandingan tersebut akan berlangsung pada Jumat 17 Februari 2023 malam pukul 19.30 WIB.

Timnas Indonesia U-20 akan menjamu Timnas Fiji U-20 di laga pembuka Internasional Friendly Match U-20 2023.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Negara Fiji diketahui sebagai salah satu negara dengan ukuran geometris cukup kecil di dunia. Fiji termasuk ke dalam wilayah Oseania dan memiliki Tim Nasional (Timnas) sepak bola yang cukup bersaing di zona OFC atau Oseania tersebut.

Walaupun tidak terlalu besar, dan tergolong ke negara kecil. Nyatanya fiji memiliki beberapa fakta untuk yang cukup membuat kita tahu seperti apa negara lawan Timnas Indonesia U-20 nanti malam.

1. Negara dengan 322 pulau

Fiji terletak di bagian selatan Samudera Pasifik, karena memiliki banyak pulau maka negara ini termasuk negara kepulauan. Setidaknya ada sekitar 322 pulau yang berada dalam lingkup negara ini. Meskipun begitu, diketahui hanya ada dua pulau yang dihuni oleh masyarakat Fiji.

Kedua pulau tersebut adalah Pulau Viti Levu dan Pulau Vanua Levu. Fiji memiliki ibu kota bernama kota Suva yang terletak di pulai Viti Levu.

Walaupun yang dominan hanya dua pulau saja, tapi faktanya 106 diantara 322 pulau tersebut berpenghuni walau tidak terlalu banyak.

Selain dari 322 pulau tersebut, negara ini ternyata memiliki 522 kecil.

Negara ini menggunakan sistem pemerintahan Parlementer dan cukup maju.

2. Baru merkeda pada tahun 1970

Negara satu ini ternyata belum lama merasakan kemerdekaan, setidaknya lebih muda dari kemerdekaan Indonesia.

Fiji diketahui baru merdeka dan berdiri sendiri pada 10 oktober 1970. Negara ini diketahui merupakan negara bekas jajahan Inggris, dan sejak saat itu mereka menggunakan sistem pemerintahan Republik Parlementer.

3. Punya Hubungan Diplomatik dengan Indonesia

Meskipun baru merkeda pada 1970, nyatanya Fiji telah memiliki hubungan diplomatik dengan Indonesia. Negara ini menjalin hubungan diplomatik dengan Indonesia setelah 4 tahun merdeka, yakni tahun 1974.

Walaupun begitu, saat ini kantor kedutaan Fiji masih terletak di Wellington, Selandia Baru. Di sisi lain, Indonesia baru membuka kantor kedutaan negara Fiji pada agustus 2002

4. Memiliki Luas 18,274 KM Persegi

Negara ini memiliki 322 pulau, walau demikian itu tak membuat negara ini miliki luas yang amat besar. Nyatanya negara Fiji memiliki luas sebesar 18,274 KM persegi. Dengan demikian, jelas negara tersebut berbanding jauh dari luas negara Indonesia.

Bahkan, luas negara ini tidak jauh lebih luas dari Kota Magelang di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Tercatat bahwa Magelang memiliki luas 18,12 KM persegi, angka tersebut tentu tidak jauh berbeda dengan ukuran luas Negara Fiji.

5. Memiliki Alam yang Cantik dan Nyaman

Alam dari negara satu ini terbilang masih sangat  terawat dan asri. Meski terbagi menjadi 333 pulau, negara Fiji memiliki garis pantai yang panjang serta diselimuti oleh cuaca tropis.

Tak hanya alam yang indah, namun warga lokal negara satu ini juga terkenal ramah dengan para turis.

Negara ini berada di Samudera Pasifik, para turis wisatawan bisa menikmati snorkling dengan menikmati keindahan bawah laut yang sangat cantik. Keindahan alam Fiji juga bisa didapat dengan menelusuri garis pantai, dimana pantai pada negara ini berpasir putih. Jelas akan sangat nyaman untuk dipandang mata.

6. Salah Satu Negara Maju di Kepulauan Pasifik

Fiji diberkahi oleh hutan, mineral, dan sumber daya ikan. Fiji nyatanya juga memiliki sumber daya alam yang besar termasuk kayu, emas, tembaga, bahkan minyak lepas pantai.

Oleh sebab itu, Fiji menjadi negara yang terbilang cukup maju jika dibandingkan dengan negara Pasifik lainnya. Pertumbuhan negara ini sangat pesat pada tahun 1960 dan 1970.

7. Memiliki 3 Bahasa

Fiji memiliki 3 bahasa resmi yang tertulis di konstitusinyam yakni bahasa inggris, Bau Fijan, dan bahasa Hindustani. Bahasa-bahasa tersebut bebas digunakan oleh penduduknya tanpa harus diatur oleh negara.

Meski demikian, penduduk paling sering menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa utama mereka, itu sebab negara ini pernah dijajah oleh Inggris sebelum akhirnya merdeka pada tahun 1970.

Bahasa Fiji termasuk ke dalam rumpun bahasa Austronesia, itulah sebabnya bahasa khusus negara ini terdengar sangat unik dan memiliki keterikatan dengan beberapa dialek yang dipakai daerah lain.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments