Tuesday, April 30, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga IndonesiaTimnas Indonesia vs Laos; Kemenangan Timnas Indonesia Dihiasi Kabar Duka dari Yudo...

Timnas Indonesia vs Laos; Kemenangan Timnas Indonesia Dihiasi Kabar Duka dari Yudo dan Ancaman Vietnam

Timnas Indonesia vs Laos; Kemenangan Timnas Indonesia Dihiasi Kabar Duka – Mochamad Iriawan selaku ketua PSSI memuji sikap profesional yang dilakukan oleh Kushedya Hari Yudo. Hari Yudo tetap membela timnas Indonesia saat duel timnas Indonesia vs Laos di Piala AFF 2021.

Tampil sebagai starter ketika Indonesia mengalahkan Laos dengan skor 5-1 adalah suatu hal yang membanggakan bagi Hari Yudo. Pertandingan ini berlangsung pada Minggu (12/12/2021).

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Meski dalam kondisi berduka karena ayah tercintanya meninggal dunia pada Jumat (11/12/2021) malam WIB, akhirnya dihadiahi dengan kemenangan di pihak timnas Indonesia.

“Saya atas nama pribadi dan keluarga besar PSSI ikut berduka cita atas meninggalnya ayahanda Kushedya Hari Yudo. Apresiasi besar dan salut atas pengorbanan Yudo yang masih bersama timnas Indonesia untuk berjuang di Piala AFF 2020 di Singapura,” ucap Iriawan.

Dalam pertandingan Indonesia melawan Lalos ini, Yudo tampil selama 45 menit. Penampilannya memang hanya di babak pertama saja.

Usai jeda, Witan Sulaeman menggantikan posisi Yudo di lapangan. Permainannya di babak pertama rupanya bisa tampil dengan impresif dan menyulitkan lawan.

“Semoga pengorbanan Yudo bersama timnas Indonesia bisa tercapai. Kami bisa meraih juara di Piala AFF 2020. Saya juga berpesan kepada seluruh pemain untuk terus berjuang keras, fokus dan disiplin demi timnas Indonesia,” ucap Iriawan melanjutkan.

Pengorbanan Yudo ikut andil dalam duel timnas Indonesia vs Laos ini dihadiahi dengan Indonesia mampu memimpin klasemen sementara di Grup B dengan menorehkan 6 poin hasil dari dua kemenangan.

Pada pertandingan selanjutnya, Indonesia akan menghadapi lawan paling kuat di Grup B yaitu Vietnam pada Rabu (15/12/2021).

Awalnya Vietnam sempat menduduki posisi pertama karena alasan H2H. Selain itu juga pihak Piala AFF memiliki alasan jika Vietnam bisa tampil jauh lebih unggul lewat “klasemen mini” antara tim yang ikut terlibat.

“klasemen mini” yang dimaksudkan yakni mengadu pecapaian diantara Vietnam, Indonesia dan juga Malaysia.

Validitas penghitungannya jadi pertanyaan dikarenakan sejauh ini Vietnam dan Malaysia saja yang sudah saling berhadapan.

Untuk timnas Indonesia belum bertemu dengan salah satu diantara keduanya. Dari regulasi Piala AFF 2020, Timnas Indonesia memang selayaknya menempati posisi pertama.

Jika dilihat dari selisih gol H2H pertama yang dihitung jetika ada tim yang memiliki poin sama.

Jika selisih golnya sama maka penghitungan selanjutnya yakni produktivitas dalam membobol gawang lawannya. Timnas Indonesia jauh lebih produktif dibandingkan dengan torehan 9 gol berbanding 6 gol yang dicatat oleh Vietnam.

Timnas Indonesia mencetak 9 gol dan kebobolan 3 gol (+6 gol). Sedangkan untuk Vietnam mencetak 5 gol tanpa kebobolan (+5).

Akhirnya dengan syarat regulasi yang berhasil terpenuhi maka timnas Indonesia sudah layak berada di posisi puncak klasemen sementara grup.

Skor gol 5-1 yang dicetak dalam duel timnas Indonesia vs Laos sangat membanggakan. Tapi, perjuangan timnas Indonesia masih panjang di Piala AFF, jadi kemenangan ini tidak harus dirayakan dengan berlebihan.

Duel Timnas Indonesia vs Laos Berakhir

Berakhirnya duel antara dua tim yakni Indonesia dan Laos, menjadikan timnas Indonesia makin tampil percaya diri ketika akan menghadapi Vietnam.

Saat ini Vietnam menguntit Indonesia pada peringkat kedua Grup B. Selanjutnya, Vietnam harus mempersiapkan mental menghadapi timnas Indonesia.

Berakhirnya duel timnas Indonesia vs Laos membuka peluang besar kemenangan untuk timnas Indonesia dalam laga selanjutnya. Vietnam kemungkinan kalah karena beberapa faktor.

Salah satunya adalah bek yang ceroboh. Dilihat dati tiga pertandingan terakhir fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022, 3 bek Vietnam sering tampil ceroboh.

Salah satunya adalah Do Duy Manh dan Que Ngoc Hai yang sering melakukan pelanggaran.

Selain itu masih ada kelemahan lain yang membuat usai duel timnas Indonesia vs Laos ini memungkinkan kembali untuk Indonesia menang lawan Vietnam, yaitu adanya kiper yang kerap naik.

Kiper Vietnam sering tidak siaga. Gol Arab Saudi ke gawang Vietnam pada 16 November 2021 bisa jadi contoh kebiasaan tersebut.

Saat melawan Laos dan Malaysia, kiper Vietnam nyaris tanpa kerja keras. Wajar saja karena kiper yang saat ini tampil adalah kiper cadangan, kiper utama Vietnam sedang absen.

Jadi, euforia kemenangan Indonesia dalam duel timnas Indonesia vs Laos ini tidak boleh berlarut. Masih ada laga penting yang harus disiapkan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments