Wednesday, May 1, 2024
No menu items!
asia9QQ  width=
HomeLiga SpanyolRonald Koeman Resmi Dipecat, Xavi Jadi Kandidat Kuat Pengganti Koeman

Ronald Koeman Resmi Dipecat, Xavi Jadi Kandidat Kuat Pengganti Koeman

Barcelona yang merupakan klub raksasa Liga Spanyol saat ini sudah membuat pengumuman Ronald Koeman resmi dipecat sebagai pelatih pada Kamis (28/10/2021).

Pengumuman tersebut tak lama diberikan usai laga melawan Rayo Vallecano yang harus diakhiri dengan kekalahan pada pekan ke-11 La Liga di Camp Nou.

- Advertisement -
asia9QQ  width=

Dalam laga tersebut memang Barcelona hanya kalah tipis dari Rayo Vallecano yaitu dengan skor 1-0. Kekalahan ini merupakan kekalahan kedua beruntun yang dialami Barca di La Liga.

Sebelumnya Barcelona harus rela dikalahkan oleh musuh bebuyutannya yaitu Real Madrid dalam laga El Clasico. Kekalahan melawan Rayo ini membuat catatan kemenangan Barcelona hanya empat kali saja.

Sedangkan untuk semua pertandingan yang sudah dijalani oleh Barcelona yaitu sebanyak 10 laga di La Liga sejauh ini. sisanya yaitu tiga kali kalah dan tiga kali imbang.

Pemecatan tersebut diumumkan pada situs resmi Barcelona. Joan Laporta selaku presiden resmi Barcelona yang melakukan pengumuman pemecatan tersebut usai laga melawan Rayo Vallecano.

“FC Barcelona sudah membebaskan Ronald Koeman dari tugas sebagai pelatih tim utama. Presiden klub, Joan Laporta, memberi tahu dia terkait dengan keputusan tersebut setelah kekalahan melawan Rayo Vallecano. Ronald Koeman akan mengucapkan selamat tinggal kepada skuad pada hari Kamis di Ciutat Esportiva.”

“FC Barcelona ingin mengucapkan terima kasih atas pengabdiannya kepada klub dan mendoakan yang terbaik untuknya dalam karir profesionalnya.”

Setelah simpang siur berita ini akhirnya Ronald Koeman resmi dipecat padahal Joan Laporta sempat menyangkal akan memecat sang pelatih terkait dengan kondisi keuangan Barca dan juga mengingat jasa Koeman untuk klub.

Ronald Koeman ditunjuk sebagai pelatih sejak bulan Agustus 2020 lalu. Koeman mengisi posisi yang sebelumnya diisi oleh Quique Setien.

Koeman sempat mengalami masa yang sulit pada musim perdananya di Barcelona. Namun dirinya hingga kini masih bisa membawa Barcelona meraih gelar Copa del Rey 2021/2022.

Meski demikian, musim ini menjadi musim yang buruk bagi Barcelona dimana mereka harus belepotan di La Liga dan harus kewalahan menghadapi musuh di Liga Champions.

Di Liga Champions sendiri pasukan Koeman sudah merasakan dua kali kekalahan dari tiga laga yang dijalani.

Untuk catatan Ronald Koeman yakni mengawal Barcelona pada 67 kali pertandingan dengan 40 kemenangan, 11 imbang dan 16 kekalahan.

Dengan pencapaian tersebut kini Ronald Koeman resmi dipecat dan tidak lagi bisa melanjutkan kariernya di Camp Nou bersama anak asuhnya yang sempat membela dirinya untuk tidak dipecat.

Bisa dikatakan jika musim ini Barcelona memang mengalami musim yang sangat buruk.

Kondisi finansial yang terpuruk membuat Barcelona akhirnya harus merelakan beberapa pemain termasuk Messi untuk pergi sia-sia di bursa transfer.

Bagaimana tidak, Lionel Messi memiliki jumlah gaji yang begitu besar untuk dibayarkan sementara Barcelona tidak memiliki dana yang cukup untuk menggajinya. Meskipun Messi sudah sempat mau diturunkan gajinya 50% namun upaya tersebut tak berhasil memasukkan namanya di La Liga.

Kini Ronald Koeman resmi dipecat dan tak lagi dibayang-bayangi oleh momok kekalahan dari Barcelona. Sampai saat ini belum ada kabar resmi dimana nantinya Koeman akan melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

Ronald Koeman Resmi Dipecat, Siapa Penggantinya?

Dipecatnya Ronald Koeman disaat Barcelona sedang ada di tengah kompetisi membuat para fans bertanya terkait siapa pengganti paling cocok yang bisa membawa Barca kembali bersinar.

Akhirnya nama yang paling kuat muncul adalah Xavi Hernandez. Saat ini Barca memang diketahui sedang melakukan negosiasi untuk mendapatkan jasa Xavi.

Usai tumbangnya Barcelona di tangan Rayo Vallecano benar-benar meninggalkan catatan buruk untuk Koema. Kekalahan dengan skor 1-0 itu menjadi pertandingan terakhir untuk Koeman.

Ronald Koeman resmi dipecat dan jadi pembicaraan hangat. Banyak pertanyaan yang muncul mulai dari siapa penggantinya hingga bagaimana nasib karier Koeman ke depannya?.

Namun, untuk semua laga yang sudah dilewati setidaknya Koeman sempat mendapatkan beberapa kali kemenangan.

Selain itu juga persembahan trofi Copa del Rey juga menjadi persembahan terbaik salah satu diantaranya semasa ia bersama dengan anak asuhnya di Barca.

Banyak yang sedih Ronald Koeman resmi dipecat namun juga timbul harapan baru lagi. Harapan tersebut yaitu kemenangan untuk Barcelona seiring dengan pelatih baru nanti.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -
asia9sports

Most Popular

Recent Comments